Body & Mind

Asupan Buah Penangkal Kolesterol

By  | 

Seringkah Anda mengalami kesemutan, tubuh terasa lelah, nyeri di bagian leher dan punggung, sakit di bagian kaki dan tangan, serta emosi yang tidak stabil? Hati-hati, bisa jadi Anda mengalami apa yang disebut dengan kolesterol tinggi!

Powerful Woman, nyatanya, kasus penderita kolesterol tinggi tidak hanya diderita oleh orang dewasa atau lansia. Disebutkan bahwa kadar kolesterol pada anak berusia 9 tahun dapat mencerminkan kadar kolesterol pada orang berusia 40 atau 50 tahun. Bahkan di Texas, Amerika Serikat, 1 dari 3 anak berusia 9‒11 tahun mengalami kolesterol tinggi.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol merupakan komponen lemak yang dibuat oleh liver, diperoleh dari beberapa jenis makanan, seperti telur dan daging. Dalam kadar tertentu, tubuh kita membutuhkan kolesterol agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. HDL dikatakan sebagai jenis kolesterol baik yang melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara, LDL memberi dampak buruk bagi tubuh.

Kadar normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg. Nah, seperti kita ketahui, segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik. Karenanya, pola hidup dan kegemaran mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, secara berlebihan, dapat memicu berkembangnya kolesterol jahat dalam tubuh yang kemudian dikenal dengan “kolesterol tinggi”.

Kadar ambang batas kolesterol berisiko tinggi adalah 200‒239 mg. Sementara, kolesterol dianggap sangat tinggi dan berisiko menyebabkan stroke bila mencapai kadar 240 mg lebih.

Atasi Kolesterol Tinggi secara Aman

Powerful Woman, seringnya kita mengetahui bahwa asupan yang berasal dari daging merah mengandung kadar kolesterol tinggi. Ternyata, kandungan kolesterol tertinggi banyak berasal dari hewan laut, seperti udang dan cumi-cumi. Namun secara keseluruhan, asupan dengan kadar kolesterol tertinggi berasal dari kuning telur, cumi-cumi, telur puyuh, dan otak sapi.

Nah, untuk dapat memakan berbagai jenis makanan kegemaran Anda yang ternyata mengandung kadar kolesterol tinggi, berikut cara mengatasinya dengan aman.

1. Tomat, mengandung kalium dan vitamin B yang dianggap mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sebagai hasil terbaik, pilih tomat dengan warna merah merona sempurna. Senyawa likopen pada warna merah tomat menjadi antioksidan yang dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah dengan cara dijus, dalam olahan sayur, atau dibuat acar.
2. Jeruk nipis, mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mengirisnya, masukkan dalam gelas, tuang air panas, diamkan selama lebih kurang 30 menit, minum sampai habis. Untuk hasil terbaik, coba konsumsi selama dua kali dalam sehari. Untungnya, jeruk nipis aman bagi lambung Anda.
3. Apel, mengandung zat beta-glucan yang dapat mengontrol produksi kolesterol dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung atau dijus.

Powerful Woman, masih banyak buah lain yang dapat Anda konsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Beberapa di antaranya yang mudah didapat adalah pisang, semangka, pir, dan alpukat.

Tahukah Anda?

Bagi penggemar daging kambing, misalnya, sebenarnya seperti halnya kebanyakan orang Timur Tengah, Anda dapat selalu mengonsumsinya secara aman. Asalkan, Anda dapat menyiasatinya dengan menu yang seimbang ditambah pola makan tidak berlebihan. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman berkalori tinggi, seperti teh manis, lepas mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Tentu saja, air putih jadi pilihan teraman untuk Anda. Yuk, coba terapkan tip di atas! Karena, siapa tidak senang menyantap sajian yang lezat sambil berkata, “Bye kolesterol jahat”!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *