Home & Kitchen

Lihat, Ide Rumah Mungil Menarik dari 5 Instagrammer Ini!

By  | 

Memiliki rumah jadi idaman setiap orang yang sudah berkeluarga. Namun, tingginya harga jual rumah jadi kendala tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Untuk menyiasatinya, pemerintah dan banyak developer swasta membangun perumahan dengan tipe yang lebih kecil. Sebut saja rumah mungil.

Mendambakan rumah yang agak luas di daerah perkotaan bisa jadi hanya mimpi bagi sebagian besar orang. Tak ayal, banyak orang beralih ke daerah lingkar luar Jakarta, seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang untuk memperoleh rumah yang sesuai dengan anggaran.

Namun, rumah mungil ternyata bisa jadi hunian yang nyaman dan menyenangkan. Berikut beberapa ide desain interior dari Instagram yang dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi rumah mungil Anda.

Ruang Tamu

 rumah mungil

Desain ruangan yang simpel dengan pilihan warna putih, baik untuk tembok maupun furnitur, memberi kesan natural dan lega. Sebagai paduan, Anda bisa memilih warna cerah seperti kuning untuk gorden atau sarung bantal bermotif sebagai pelengkap kursi.

Ruang Keluarga

rumah mungil

Selain sebagai ruang tamu, Anda bisa menyiasati ruangan tersebut sebagai ruang keluarga. Buat sekat yang tidak membatasi dengan tegas antara ruangan tersebut dengan ruangan di sebelahnya. Warna natural, seperti putih, tetap menjadi pilihan agar ruangan mungil Anda terkesan lebih terang. Anda bisa menambahkan kaca besar pada tembok untuk memberi kesan lebih leluasa. Jangan lupa, hias dengan beberapa elemen hiasan dinding untuk menghindari kesan monoton dari tembok berwarna putih.

Ruang Makan

rumah mungil

Pilih furnitur yang simpel dan tidak biasa untuk menyiasati ruang makan yang mungil, bahkan mungkin jadi satu dengan dapur Anda. Meja dan kursi tinggi memberi kesan klasik yang bisa membuat ruang makan Anda lebih menarik. Sebagai tambahan, Anda bisa memberi warna yang membuat ruangan dan elemen di dalamnya tersebut lebih bernuansa klasik, seperti krem. Anda juga bisa menambahkan wallsticker yang sesuai agar ruang makan mungil Anda tampak lebih “hidup”.

Dapur

rumah mungil

Sering kali ruangan ini jadi bagian yang “dianaktirikan”. Padahal, sebagian besar waktu yang dimiliki oleh ibu rumah tangga dihabiskan di ruangan ini. Untuk membuat dapur mungil Anda lebih menarik, pilih elemen bernuansa shabbychic. Anda juga bisa meletakkan beberapa rak tinggi di tembok untuk menyiasati penggunaan tempat. Penggunaan penutup bagian bawah meja dapur juga bisa menjadi cara agar ruangan ini terlihat rapi dan tidak kotor.

Kamar Tidur

rumah mungil

Untuk kamar tidur yang mungil, hindari penggunaan tempat tidur yang terlalu besar. Letakkan tempat tidur menempel dengan tembok untuk memberi space dalam meletakkan furnitur lain di sisi lain kamar. Hindari meletakkan lemari pakaian yang terlalu besar sehingga memakan tempat. Sebagai alternatif, Anda bisa meletakkan rak pakaian. Jendela agak besar dengan cahaya matahari yang mudah masuk menerangi ruangan bisa jadi nilai tambah bagi kamar mungil Anda.

Nah Powerful Woman, sudah mendapat ide untuk desain ruangan rumah mungil Anda? Atau, jika Anda memiliki ide yang lebih menarik, coba share pada bagian komentar ya!

 

Editor: Andiana Moedasir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *