3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Orang Tua saat Memilih Sekolah untuk Anak

Facebook
Instagram
B9DAB5D5-CD09-4E94-B0F5-C76D6A8B1786

Memilih sekolah untuk anak adalah salah satu hal penting yang harus Moms dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh. Mengapa? Karena hal ini sangat menentukkan masa depan buah hati kita.

Meskipun anak baru akan masuk PAUD/KB, tetap dibutuhkan pertimbangan yang benar-benar matang, karena erat kaitannya dengan pendidikan awal Si Kecil. Justru di tahap ini, merupakan batu loncatan untuk Si Kecil belajar masuk ke lingkungan sosialnya.

Jangan hanya memikirkan gengsi saja ya Moms, sehingga Moms memilih sekolah yang mahal dan bukan yang baik. Memilih sekolah mahal memang tidak ada salahnya. Tapi pastikan juga sekolah tersebut cocok untuk Si Kecil.

Lalu pertimbangan-pertimbangan apalagi yang harus Moms pikirkan dalam memilih sekolah untuk anak? Simak penjelasan berikut dari Liza Djaprie, psikolog klinis dan juga praktisi hipnoterapi.

 

1. Sepakati Apa yang Ingin Dicapai Anak

download (1).jpg

Foto: Ccsd89.org

Moms harus tahu bahwa sekolah adalah tentang anak dan orang tua. Bukan anak saja atau orang tua saja, tetapi perpaduan dari keduanya.

Oleh karena itu dalam memilih sekolah untuk anak, penting bagi orang tua untuk sepakat terlebih dahulu, apa yang ingin dicapai oleh anak.

“Apakah orang tua merasa penekanan pada sisi intelektual cukup atau mau diseimbangkan dengan sisi kecerdasan emosional? Apakah ingin sesuatu yang lebih menekankan pada agama, alam, atau hal umum,” ujar Liza Djaprie.

 

2. Tentukan Berdasarkan Karakter Anak

home-slide1-compressor-2560x1316.jpg

Foto: Abcgreatbeginnings.com

Setelah menyepakati apa yang ingin dicapai oleh anak, langkah selanjutnya adalah melakukan observasi terhadap Si Kecil.

Sebagai orang tua kita harus tahu bahwa pendekatan belajar dari setiap anak berbeda-beda. Ada anak yang memang cenderung kuat belajar dengan metode visual, sehingga metode belajar konvensional cocok.

Namun ada juga anak yang kuat secara kinestetik (fisik) sehingga pola belajar yang banyak menggunakan gerak tubuh adalah yang paling cocok.

Jangan pernah memaksakan kehendak orang tua pada anak. Cobalah untuk menggabungkan antara harapan orang tua dengan karakter anak.

 

3. Potensi Kecerdasan Anak

westminster-preschool-summer-camp.jpg

Foto: Firstpresge.org

Satu hal lagi yang harus Moms pertimbangkan dalam memilih sekolah untuk anak. Moms harus tahu apa jenis kecerdasan yang dimiliki si buah hati. Apakah mereka suka berhitung, membaca, atau campuran dari keduanya.

Dari situ Moms bisa menentukkan sekolah yang cocok untuk Si Kecil. Jangan pernah menempatkan mereka pada sekolah yang tidak sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimiliki, karena mereka akan sulit mengimbangi.

 

Itu dia beberapa hal yang wajib Moms perhatikan dalam memilih sekolah untuk anak. Pemaksaan semata atas kemauan orang tua pada anak kemungkinan besar akan mengakibatkan anak menjadi sulit untuk belajar secara optimal.

“Kutipan psikologi yang terkenal adalah: tidak ada anak yang bodoh, yang tidak tepat adalah pendekatan belajar yang digunakan untuk sang anak,” tutup Liza Djaprie.

Selamat mencari sekolah untuk Si Kecil ya Moms!

 

Artikel asli :

https://parenting.orami.co.id/magazine/3-hal-yang-harus-dipertimbangkan-orang-tua-saat-memilih-sekolah-untuk-anak

Posted in ,
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial