3 Tempat Bersalju di Indonesia yang Layak Dikunjungi

Facebook
Instagram
ranu_kumbolo

Indonesia memang negara yang hanya memiliki dua musim saja, karena letaknya yang berada di sekitar garis khatulistiwa. Dengan kata lain, karena Indonesia mendapat jumlah radiasi yang lebih panjang dari negara lain maka Indonesia tempraturnya hampir tak pernah berubah.

Meski demikian, bukan berarti Indonesia tidak memiliki daerah bersalju, lho. Indonesia memiliki beberapa dataran tinggi dan pegunungan yang suhunya bisa menjadi sangat rendah. Ini beberapa daerah di Indonesia yang ternyata bersalju:

 

Dieng

Foto: losmenbudjono.com

 

Daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo rupanya pernah mengalami fenomena aphelion. Fenomena alamiah ini biasa terjadi di bulan puncak musim kemarau. Biasanya, saat fenomena ini terjadi, udara akan terasa dingin sehingga membuat embun membeku dan tampak seperti salju.

Tempat yang berada di ketinggian seperti Dieng ini memang berpeluang mengalami kondisi udara permukaan kurang dari titik beku 0°C. Hal ini disebabkan karena molekul udara di daerah pegunungan lebih renggang daripada dataran rendah sehingga akan sangat cepat mengalami pendinginan.

 

Ranu Kumbolo

Foto: detik.com

 

Danau di Ranu Kumbolo, Gunung Semeru pernah terjadi penurunan suhu secara drastis yang membuat areal sekitar Ranu Kumbolo terlapisi es bagaikan turun salju.

Penyebab munculnya es di puncak gunung dikarenakan adanya genangan pasca hujan yang turun, kemudian cuaca yang sangat ekstrem dan angin yang kencang terus menerus sehingga membentuk es.

 

Jayawijaya

Foto: kelanakota.suarasurabaya.net

 

Puncak Jayawijaya merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia. Gunung yang menjulang tinggi ini merupakan titik tertinggi yang ada di Papua bahkan di Benua Australia. Puncak Jayawijaya adalah titik tertinggi yang meliputi Andes dan Himalaya, serta disebut-sebut sebagai puncak tertinggi dari berbagai pulau di belahan dunia.

Indonesia memang beriklim tropis, sehingga salju rasanya mustahil untuk ada di negeri ini. Namun, hal ini tak berlaku bagi gunung Jayawijaya. Gunung ini merupakan satu-satunya gunung yang diselimuti salju di wilayah Indonesia.

Kita nampaknya memang patut berbangga karena fenomena ini tidak akan bisa dijumpai pada belahan bumi mana pun.

(MDP)

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/tempat-bersalju-di-indonesia/

Posted in ,
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial