4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

Facebook
Instagram
0B845AAB-70CD-40DB-BCF5-54713AC1A0E1

Obat memang cara yang terbukti untuk mengobati migrain atau sakit kepala sebelah. Tetapi sebenarnya Anda bisa mengatasi migrain tanpa mengonsumsi obat-obatan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi migrain:

Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Saat mulai terserang migrain, cobalah untuk menciptakan suasana atau lingkungan yang tenang seperti dengan mematikan lampu.

Migrain sering meningkatkan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Bersantailah di kamar yang gelap dan tenang serta tidurlah jika memang bisa.

Kemudian cobalah untuk mengompres bagian kepala atau leher dengan kompres panas atau dingin. Dengan kompres ini dapat melemaskan otot yang tegang.

 

Tidur Nyenyak

Migrain bisa membuat Anda tertidur atau malah membuat Anda bangun di malam hari. Demikian juga, migrain sering disebabkan oleh tidur yang tidak nyenyak.

Cobalah untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari bahkan di akhir pekan. Jika Anda tidur siang, jagalah untuk tidak terlalu lama. Tidur siang lebih dari 20 hingga 30 menit dapat mengganggu tidur malam hari.

Jangan lupa untuk melakukan relaksasi sebelum tidur seperti dengarkan musik yang menenangkan, berendam dalam air hangat atau baca buku favorit.

Selain itu, perhatikan apa yang Anda makan dan minum sebelum tidur. Olahraga yang intens, makanan berat, kafein, nikotin, dan alkohol dapat mengganggu tidur.

Selanjutnya jangan mencoba tidur, semakin keras Anda mencoba untuk tidur, semakin terjaga perasaannya. Jika tidak dapat tidur, baca buku atau lakukan aktivitas lain yang tenang sampai mengantuk.

 

Makan dengan Bijak

Kebiasaan makan dapat mempengaruhi Anda terkena migrain atau tidak. Oleh karena itu, cobalah untuk konsisten dengan makan di waktu yang sama setiap hari.

Jangan sampai melewatkan makan dan coba untuk membuat jurnal makanan seperti menulis daftar makanan yang dikonsumsi untuk memudahkan Anda menemukan pemicu migrain. Hindari makanan yang memicu migrain seperti keju, coklat, kafein, atau alkohol.

 

Berolahraga Secara Teratur

Selama melakukan aktivitas fisik, tubuh melepaskan bahan kimia tertentu yang menutup rasa sakit ke otak. Bahan kimia ini juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat migrain lebih buruk.

Tak hanya itu, ternyata obesitas juga meningkatkan risiko sakit kepala kronis, sehingga menjaga berat badan yang sehat melalui olahraga dan diet dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi migrain.

Pilihlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda hindari berolahraga terlalu keras karena dapat memicu migrain.

Penyebab lain dari migrain adalah rasa stres, sederhanakan hidup Anda dengan melakukan pengaturan yang bijak akan waktu dan segala urusan. Jangan lupa pula untuk beristirahat dan jangan membebani diri sendiri.

Jadi sekarang Anda sudah tahu kan cara mengatasi migrain tanpa harus meminum obat?

(MDP)

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/4-cara-mengatasi-migrain-tanpa-harus-minum-obat/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial