4 Kelainan Menstruasi yang Harus Diketahui

Facebook
Instagram
E9E3BC4E-E4F4-4F32-8A60-3801E1893B4A

Menstruasi adalah hal normal bagi seorang perempuan. Setiap bulannya, perempuan akan mendapatkan menstruasi kecuali sedang dalam keadaan hamil.

Menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan.

Namun, tidak semua perempuan punya siklus menstruasi yang normal setiap bulannya. Ada yang mengalami menstruasi dengan jarak kurang dari satu bulan.

Ada juga yang lebih. Ada yang prosesnya memakan waktu sangat lama. Ada juga yang sangat singkat.

Kelainan tersebut bisa terjadi karena banyak faktor. Mulai dari faktor hormonal hingga faktor organ reproduksi yang bermasalah. Faktor psikologis juga bisa memicu siklus kelainan menstruasi.

Apa saja sih kelainan menstruasi yang umumnya terjadi? Cari tahu yuk!

 

1. Premenstrual Syndrome (PMS)

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah PMS, PMS merupakan tanda normal yang terjadi menjelang dan sepanjang menstruasi.

Namun, ada juga PMS yang tidak normal. Istilahnya Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD).

Perempuan yang mengalami PMDD akan merasakan sakit yang jauh lebih sakit dari biasanya saat menstruasi.

Jika PMS dapat dikendalikan dan hilang sendiri, PMDD harus dirawat oleh ahlinya.

 

2. Amenorrhea

Amenorrhea merupakan kondisi saat menstruasi terjadi selama lebih dari tiga bulan sekali. Ada dua jenis amenorrhea. Yakni primary amenorrhea dan secondary amenorrhea.

Primary amenorrhea terjadi jika menstruasi tidak dimulai saat masa puber. Sedangkan secondary amenorrhea terjadi jika periode menstruasi normal menjadi abnormal, tidak regular, atau malah tidak terjadi.

Jika selama tiga periode menstruasi tidak kunjung datang atau remaja 16 tahun lebih tidak juga mengalami menstruasi, Anda harus konsultasikan dengan dokter kandungan.

 

3. Dysmenorrhea

Dysmenorrhea ditandai dengan menstruasi yang terasa sakit sekali.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kelainan tersebut, seperti kehamilan di luar rahim atau keguguran. Infeksi dan tumor di area pelvic juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Kondisi ini lebih rentan terjadi pasda perokok, peminum alkohol, pemilik berat badan berlebih, dan perempuan yang menstruasi sebelum usia 11 tahun.

 

4. Menorrhagia

Menorrhagia merupakan kelaian menstruasi yang paling umum terjadi. Perempuan dengan kelainan ini akan mengalami menstruasi yang panjang dengan kuantitas yang banyak.

Kondisi ini bisa terjadi karena ketigdakseimbangan hormon, penyakir tertentu, atau kelainan kandungan.

Itulah beberapa kelainan menstruasi. Apakah Anda mengalaminya? Share pengalamannya yuk!

(AND)

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/4-kelainan-menstruasi-yang-harus-diketahui/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial