400 Usaha Kerajinan Menyemarakkan CRAFINA 2018

Facebook
Instagram
6C81F518-ACDA-4C13-A2F9-0F2EDC1DEA0F

Pameran CRAFINA kini kembali diselenggarakan untuk ke-11 kalinya. Pameran CRAFINA memamerkan produk kerajinan unggulan berbasis bahan baku yang cukup tersedia dan dihasilkan oleh para produsen dan perajin dari seluruh Indonesia. 

Pameran yang diinisiasi oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bersama Mediatama Binakreasi ini akan memanjakan para stakeholder industri kerajinan Indonesia dengan showcase produk-produk unggulan sebagai trendsetter Kerajinan Nusantara.

Dengan tema “From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle“, Pameran ini akan menampilkan berbagai produk kerajinan terbaik persembahan anak negeri, diantaranya produk fashion unggulan meliputi Batik, Tenun, Songket, serta produk kerajinan tangan lainnya seperti aksesoris, perhiasan, perlengkapan dekorasi ruangan dan lainnya.

Pemanfaatan dan penggunaan produk kerajinan saat ini sudah menjadi tren lifestyle negara-negara berkembang di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Untuk tahun ini, CRAFINA yang diresmikan oleh Ketua Umum Dekranas, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, diselenggarakan pada tanggal 10 – 14 Oktober 2018 di JCC, Senayan. 

Lebih dari 400 perusahaan kerajinan Indonesia yang menempati stan di Main Lobby, Plenary Hall dan Assembly Hall. Dengan jumlah peserta tersebut menunjukan bahwa UKM kerajinan Indonesia telah mampu berkembang dan mandiri serta mampu bersaing dengan negara-negara lain. Selama pameran ini ditargetkan transaksi ritel dan kontak dagang CRAFINA tahun ini mencapai 20 Milyar Rupiah, dan jumlah pengunjung mencapai 40.000 Pengunjung.

Para pengunjung dan pembeli dari dalam dan luar negeri diharapkan dapat menemukan produk-produk kerajinan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, tanpa melupakan aspek kelestarian lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan. 

Oleh sebab itu, melalui CRAFINA 2018 diharapkan agar pelaku industri kerajinan terus mengembangkan ide, kreasi, dan inovasi baru sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang eksklusif dan memiliki nilai jual tinggi di pasar Internasional agar nantinya industri kerajinan dapat dijadikan sebagai penopang ekonomi rakyat yang senantiasa akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

Penyelenggaraan pameran CRAFINA tahun ini akan dimeriahkan oleh berbagai acara menarik seperti,

Komunitas Talk Show & Demo:

– Styling Wastra Nusantara bersama Yudha Perdana (textile consultant)

– Brewing Kopi Indonesia bersama Ardian Maulana (Direktur iBREW)

 

Workshop:

– Daur Ulang Koran Bekas & Daur Ulang Sisa Kain bersama Gawekoe.art

– Belajar Membatik bersama Sanggar Batik Kembang Mayang

 

Hiburan:

– Pertunjukan kesenian Sumatera Utara dari Dinas Pariwisata Prov. Sumatera Utara

– Musik : Kolintang Bapontar

– Musik : Orkes Keroncong Swaramangun

Informasi jadwal dan selengkapnya dapat mengunjungi website CRAFINA 2018, www.crafina.com.

Posted in ,
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial