5 Cara Mudah Memperkenalkan Musik pada Anak

Facebook
Instagram
E9550747-F380-40D7-B2AC-03861130D5F9

Banyak orang tua yang menggunakan musik sebagai media untuk mendidik dan membesarkan anaknya (sejak dalam kandungan), karena manfaat musik pada anak banyak sekali. Bagaimana dengan Anda, Moms?

Menurut berbagai penelitian, musik dapat mempercepat pertumbuhan otak. Selain itu, ada beberapa manfaat mendengarkan musik pada anak (termasuk bayi dan balita), di antaranya : meningkatkan respon sensorik terhadap suara di sekitarnya, membuat Si Kecil menjadi lebih tenang dan mudah beristirahat, membantu koordinasi mata dan tangan, mempermudah dan memperlancar kemampuan bicara, serta meningkatkan fokus anak.

Lalu bagaimana cara mudah memperkenalkan musikkepada anak? Yuk kita simak :

1. Nyanyikan lagu sebelum tidur

Anak sering merasa ngantuk saat mendengar nyanyian ibunya sebelum tidur. Hal ini ternyata karena nada lagu sebelum tidur atau lullaby sengaja diciptakan untuk dapat membuat seseorang mengantuk dan tidur lebih lelap. Jadi, sering-sering ya Mom mendendangkan lagu untuk Si Kecil sebelum ia tertidur.

2. Jadikan rutinitas

Perdengarkanlah musik sebagai suara latar saat Si Kecil beraktivitas, setiap hari, dari pagi hingga waktunya tidur di malam hari. Lalu berikan musik dengan tempo yang berbeda saat dia melakukan aktivitas. Kegiatan ini akan membuat alam bawah sadarnya terbentuk berdasarkanmusik yang dia dengar.

3. Ajarkan suara keras

Untuk membuatnya mengerti perbedaan tinggi suara, Moms bisa mengajarkan Si Kecil perbedaan antara suarakeras dan suara berbisik. Dengan mengajarkan tentang perbedaan suara keras dan juga suara berbisik, secara tidak langsung balita akan melatih otot dan pita suaranya.

4. Berikan tontonan yang mendidik dan banyak berisi lagu

Ajak Si Kecil menonton film anak-anak yang berisi banyak lagu dan juga percakapan. Dari situlah Si Kecil juga dapat mengenal berbagai macam elemen pada musik.

5. Perdengarkan musik saat berada di luar rumah

Saat berada di luar rumah atau bepergian, Si Kecil biasanya akan cepat bosan. Perdengarkan musik yang menarik dan membuat Si Kecil bahagia. Bingung memperdengarkannya bagaimana? Moms bisa nih menggunakan Playgro Music in the Woods Travel Play Arch, yang dapat dengan mudah dijepit dan dipasangkan di stroller, car seat dan kereta bayi lainnya.

Playgro Music in the Woods Travel Play Arc ini dapat menghilangkan rasa bosan karena warna-warninya yang menarik perhatian Si Kecil, juga terdapat 3 mainan hewan dengan warna menarik yang dapat berputar dan menghasilkan suara click-clack. Suara ini dapat merangsang perkembangan visual Si Kecil, dan gemerincing musiknya dapat menstimulasi inderanya.

Musik di Playgro Music in the Woods Travel Play Arch ini pun dapat membantu perkembangan sensorik bayi. Untuk info lebih lanjut, silakan ya cek di akun Instagram @playgroindo, atau bisa langsung datang ke Mothercare.

Mudah kan ya mengenalkan musik pada buah hati kita? Selamat mencoba, Moms!

Posted in ,
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial