Agar Tidak Bosan di Rumah, Ini 5 Cara Memulai Bisnis Online Shop

Facebook
Instagram
pexels-photo-914931

Sebagai ibu rumah tangga, seharian di rumah terkadang menimbulkan rasa bosan. Meski sibuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang seringkali terasa melelahkan, ada kalanya kita ingin melakukan sesuatu yang berbeda.

Nah, sebagai solusinya, mungkin Anda bisa mencoba bisnis kecil-kecilan di rumah. Selain dapat mengatasi rasa bosan, kegiatan ini juga bisa menambah penghasilan rumah tangga, lho.

Salah satu bisnis yang mungkin bisa Anda praktikkan di rumah adalah bisnis online shop. Bisnis ini cukup populer, bahkan mungkin banyak teman-teman Anda yang sudah terjun duluan ke bisnis online shop ini.

Namun, jangan khawatir. Meskipun sudah banyak, tentunya bentuk dan jenis produk yang dijualpun berbeda-beda, bukan?

Lalu, bagaimana memulai bisnis online shop bagi pemula? Yuk, ikuti caranya di bawah ini!

 

1. Siapkan Gadget dan Koneksi Internet

Seperti namanya, bisnis online shop tentunya membutuhkan smartphone dan koneksi Internet. Keduanya menjadi ‘peralatan perang’ yang akan selalu  dibutuhkan selama menjalankan bisnis ini.

Baik saat ingin menjajakan produk jualan melalui media sosial, ataupun saat melayani pembeli.

Smartphone yang digunakan tidak harus mahal, yang penting Anda bisa mengerti dengan baik bagaimana cara mengoperasikannya.

Jadi, kalau merasa gaptek, pertama-pertama coba mempelajari hal-hal dasar dulu, ya. Seperti bagaimana menggunakan media sosial yang benar atau mencari tahu aplikasi chat apa saja yang sering digunakan para penjual online.

 

2. Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Nah, langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jenis produk apa yang akan dijual. Dalam menjalankan bisnis online shop, produk apa saja bisa kita jual, mulai dari pakaian, mainan, peralatan dapur, kue, dan produk lainnya.

Untuk menentukannya, cari tahu kira-kira produk apa unik dan yang benar-benar Anda kuasai. Biasanya, hal yang kita kuasai adalah yang menjadi hobi atau kegemaran kita. Misalnya, Anda suka membuat kue, pasti akan senang hati berkreasi dan menjualnya.

Agar berbeda dari produk kue yang mungkin sudah biasa dijual, Anda hanya perlu memodifikasi bentuk atau tampilan kuenya.

Dengan menguasai produk yang kita jual, kita bisa memulai bisnis online shop ini dengan rasa percaya diri.

Dan sebagai langkah awal, fokuslah pada satu jenis produk dulu sebelum menjual produk lainnya.

 

3. Mulai Menjajakan Produk

Berjualan di toko fisik sangat berbeda dengan berjualan di toko online.

Pembeli di toko fisik, dapat melihat dan memegang secara langsung produk yang dijual. Sedangkan di toko online, keyakinan pembeli dalam melakukan transaksi hanya bergantung pada apa yang ia lihat di layar gadget-nya dan testimoni dari para pembeli sebelumnya.

Oleh sebab itu, tantangannya adalah, bagaimana cara kita menjajakan produk yang dijual agar dapat menarik minat pembeli.

Misalnya, jika Anda ingin berjualan produk pakaian di Instagram, siapkan foto yang berkualitas baik dengan pengambilan gambar yang menarik. Bahkan kalau bisa Anda perlu menggunakan model foto.

Tidak hanya gambar yang bagus, informasi pendukung gambar juga harus jelas. Misalnya harga produk, warna, ukuran, dan bahan pakaian, atau informasi penting lainnya.

Jangan mengecewakan pembeli dengan menampilkan gambar yang berbeda dengan produk aslinya.

 

4. Daftar Akun e-commerce

Selain menggunakan Instagram atau Facebook, Anda juga bisa menggunakan media lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan e-commerce.

Dengan media yang satu ini, target pasar kita dapat lebih luas. Beberapa e-commerce yang bisa Anda gunakan adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau OLX. Ini bisa kita unduh dengan mudah lewat AppStore maupun Play Store di smartphone kita.

 

5. Bersikap Ramah dan Sopan

Selain aktif berjualan, sebagai penjual, kita juga perlu menjaga sikap ramah dan sopan. Meskipun dalam kenyataannya, kita akan banyak menghadapi pembeli yang banyak bertanya, mungkin berbicara kurang sopan atau kasar, kita tidak boleh terpancing emosi.

Jika pembeli merasa nyaman dengan respon kita, biasanya mereka akan menjadi pelanggan tetap. Tentunya ini menguntungkan bagi kita, bukan?

Nah, itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online shop di rumah. Ingin mencobanya?

(OMI)

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/agar-tidak-bosan-di-rumah-ini-5-cara-memulai-bisnis-online-shop/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial