Bagaimana Mencegah Gigi Hitam & Berlubang pada Anak?

Facebook
Instagram
799CA2D9-3A47-40A6-8A6C-D5F9F718DD79

Moms, gigi yang tidak dirawat sejak dini bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Sejak gigi susu pertama Si Kecil baru tumbuh, mulailah merawatnya dengan baik. Ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan gigi susu tanggal tepat waktu, saat gigi tetap sudah siap untuk tumbuh.

Masalah yang sering terjadi pada gigi Si Kecil adalah gigi menghitam, bahkan berlubang. Kondisi gigi berlubang ini ditandai dengan munculnya karies di sekitar gigi, biasanya pada gigi seri. Yang memprihatinkan, menurut berbagai penelitian karies ini mencapai lebih dari 90% pada anak usia 3-6 tahun.

Apa penyebab karies pada anak? Salah satunya, variasi makanan yang semakin banyak diasup Si Kecil, termasuk makanan dan minuman manis. Sayangnya, tidak diimbangi dengan kesadaran orangtua merawat gigi anaknya dengan benar.

Lalu bagaimana cara mencegah gigi menghitam dan berlubang pada anak?

• Periksa gigi Si Kecil ke dokter gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali.

• Ajarkan sikat gigi sejak dini pada anak.

•’Setiap habis minum susu, makanan dan minuman manis, biasakan anak untuk berkumur.

• Sikatlah gigi anak minimal 2 kali sehari, saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

• Pilih sikat gigi yang lembut dan ukuran kepala sikat yang kecil. Untuk pilihan sikat gigi yang mencakup semua kebutuhan dental hygiene anak dari baru lahir hingga lebih dari 1 tahun, Moms bisa mencoba Nuby Tooth & Gum Care, yang terdiri dari 4 sikat gigi; pembersih gusi dan lidah yang terbuat dari silikon ekstra lembut khusus untuk gusi bayi baru lahir, pembersih gusi saat bayi sudah mulai tumbuh gigi, pembersih gusi dan gigi pada saat bayi mulai memasuki tahap “teething” dan sikat gigi berbahan nylon untuk membersihkan gigi bayi.

Yuk, terus sehatkan gigi Si Kecil!




Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial