Bahan-bahan Kosmetik yang Harus Dihindari Ketika Wajah Berjerawat

Facebook
Instagram
woman with acne.jpg

woman with acne.jpg

Womanation – Wajah berjerawat memang membuat kita kurang percaya diri. Apalagi kalau sudah memakai segala produk pengobatan namun belum juga sembuh. Mungkin hal ini karena kita masih menggunakan produk kecantikan dengan kandungan bahan yang justru mengakibatkan timbulnya jerawat semakin bertambah. Oleh karena itu untuk menghindari timbulnya jerawat yang semakin parah, berikut bahan-bahan yang tidak disarankan dipakai ketika wajah berjerawat.

1. Bedak Padat

Jika kulit wajah sedang berjerawat, hal yang paling penting untuk dihindari adalah penggunaaan bedak padat. Ini karena bedak padat mempunyai tekstur lebih menutup sehingga dapat membuat wajah pecah-pecah dan ketika make up terihat kurang maksimal. Maka penggunaan bedak tabur menjadi solusi terbaik ketika wajah berjerawat.

2. Produk yang Mengandung Minyak

Produk kosmetik yang mengandung minyak memang banyak dipakai untuk merawat kecantikan namun bagi wajah yang sedang berjerawat sebaiknya dihindari. Hal ini karena faktor tumbuhnya jerawat disebabkan oleh minyak yang menumpuk pada wajah dan ketika kita memakai produk yang berbahan minyak maka kadar minyak di wajah semakin bertambah sehingga ini bisa menjadi tempat yang baik bagi bakteri dan kotoran untuk menempel dan melahirkan jerawat baru. Lebih baik gunakan produk yang berlabel oil free atau noncomedogenic serta produk makeup yang ringan dan berbahan dasar mineral alami.

3. Produk yang Mengandung Alkohol

Alkohol memang bisa menghilangkan minyak pada wajah, namun sebaiknya dihindari ketika wajah sedang berjerawat karena hal ini bisa merusak lapisan kulit sehingga nantinya kulit akan kering dan sel kulit mati pun akan bertambah. Jika sel kulit yang menumpuk ini tidak segera dibersihkan, pori-pori di wajah akan tersumbat dan dapat memicu munculnya jerawat baru.

4. Scrub

Butian scrub yang kasar bisa membuat wajah yang berjerawat semakin meradang, sehingga menimbulkan iritasi dan wajah akan semakin memerah bahkan memicu timbulnya jerawat baru. Oleh karena itu, produk yang berbahan scrub sebaiknya dihindari ketika sedang berjerawat.

5. Silikon

Telitilah membeli produk ketika wajah sedang berjerawat. Apalagi jika bahannya mengandung silikon. Silikon biasanya ada di dalam foundation dan face primer dengan jenis dimethicone dan methicone. Memang produk yang mengandung silikon bisa memberikan efek lembut dan ringan saat dipakai. Namun, kecepatan produk meresap ke dalam kulit bisa membuat pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat.

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial