Bahaya Fatal Terlalu Banyak Minum Air

Facebook
Instagram
Air-Putih

Seorang perempuan bernama Jennifer Strange tiba-tiba pingsan saat melakukan hiking 6,2 mil melintasi Grand Canyon National Park bersama suaminya. Saat sadar, ia mengeluh sangat sakit kepala serta responnya lambat. Kemudian ia dilarikan ke rumah sakit, lalu memuntahkan cairan bening dan langsung hilang kesadaran. Sembilan belas jam kemudian ia dinyatakan meninggal. Dokter menyatakan bahwa pembengkakan pada otaknya sangat parah akibat tekanan dari banyaknya air yang ia konsumsi selama perjalanan. Kejadian tersebut masuk dalam kategori penyakit exercise associated hyponatremia (EAH) atau rendahnya tingkat natrium dalam darah.
 
Kasus tersebut bukanlah satu-satunya kasus yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi air putih (air mineral). Peneliti melaporkan bahwa terdapat sekitar 1.600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air putih berlebihan.
 
Apa yang terjadi pada tubuh kita ketika kita terlalu banyak minum?
 
1. Meningkatkan jumlah volume darah
Apabila volume darah meningkat maka akan mengganggu kinerja jantung dan sistem pembuluh darah kita (sistem tertutup). Volume air yang meningkat akan seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu. Kondisi tersebut akan membuat organ ginjal bekerja ekstra keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.
 
2. Meningkatkan kinerja ginjal dari yang seharusnya.
Tubuh memiliki ginjal yang fungsinya menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi ginjal sebagai organ penyaring ini ada pada glomerulus. Bila banyak cairan yang harus disaring, maka beban yang diterima ginjal akan semakin besar. Bila hal ini terlalu sering maka glomerulus bisa rusak, dan menimbulkan penyakit ginjal.
 
3. Tubuh mengalami hiponatraemia.
Hiponatraemia adalah kondisi abnormal dalam tubuh, yaitu ketika darah kekurangan kadar natrium (kadar garam). Ginjal tak mampu memfilternya dengan cepat.  Bila terlalu banyak minum air, akan menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer. Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam.
 
4. Kasus keracunan air (Intoksikasi air)
Dikenal juga dengan hiper-hidrasi atau overhydration, adalah gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan elektrolit terganggu karena mengonsumsi air terlalu banyak. Kasus yang dialami Jennifer Strange di awal, menyebabkan ia mengalami koma dan kematian mendadak akibat pembengkakan otak.  Kondisi ini cukup langka terjadi di masyarakat umum, tapi risiko tinggi terjadi pada atlet lari jarak jauh atau pelari marathon. Keracunan air ini juga dapat terjadi akibat bahaya air minum isi ulang yang tidak higienis.

Tips Mengonsumsi Air Putih

1. Minum air secukupnya dan sewajarnya
Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Seimbangkan antara kebutuhan air dengan pengeluaran cairan tubuh saat beraktivitas, olahraga ringan, atau olahraga berat seperti lari marathon.

2. Minum secara bertahap
Minumlah air secara bertahap, tidak sekaligus dalam satu waktu bersamaan. Misalnya, 1 (satu) gelas saat pagi bagun tidur, 1 (satu) gelas saat sarapan pagi, 1 (satu) gelas makan saat siang, 1 (satu) gelas saat makan malam, 1 (satu) gelas saat menjelang tidur.

3. Orang sakit berbeda
Anjuran mengonsumsi 2-3 liter air perhari hanya berlaku untuk orang sehat. Mereka yang memiliki gangguan kesehatan seperti penderita ginjal tentunya harus membatasi jumlah konsumsi air putih agar tidak terlalu banyak.

4. Jangan menunggu haus
Saat melakukan olah raga, tidak harus menunggu sampai haus baru minum. Jadi meskipun belum merasa haus dan lapar, tetaplah makan dan minum. Bila tidak diindahkan akan sangat berbahaya.

5. Jangan minum berlebihan habis olahraga
Saat habis olahraga, hormon antidiuretik vasopressin akan meningkat. Tubuh akan cenderung menahan air dalam tubuh agar tidak banyak keluar. Ketika kita minum air dalam jumlah banyak, tidak akan banyak urinasi. (berbagai sumber)

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial