Bayi Baru Lahir Dijamin BPJS

Facebook
Instagram
E71A9F22-A136-45E6-A144-820B9252FF7A
  • Hai Mom! A very good news for you.

Para baby yang baru lahir kini bisa langsung menjadi peserta BPJS. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi ya jika si Kecil sakit, sedangkan dana untuk berobat tidak mencukupi. Berikut syarat-syaratnya. Yuk simak :

1. Bayi yang sudah lahir didaftarkan kepesertaan BPJS paling lambat 3×24 jam kecuali PBI

2. Bayi yang didaftarkan akan ikut nama ibu kandungnya

3. Iuran bisa dibayarkan langsung dan tidak harus menunggu 14 hari

Sedangkan mengenai persiapan berkas- berkas persyaratan kepesertaan BPJS yang harus dilengkapi yaitu :

1. Fotocopy KTP suami-istri

2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

3. Fotocopy Kartu Nikah

4. Fotocopy Surat Keterangan Lahir(bisa minta pada dokter/bidan)

5. Fotocopy Surat pengantar perawatan dari rumah sakit/ bidan

6. NIK bayi dari kecamatan setempat. Untuk membuat NIK bayi yang baru lahir, yang perlu dipersiapkan sebelum membuat NIK ke kecamatan adalah Surat Pengantar pembuatan NIK dari RT/RW Desa atau Kelurahan setempat(bisa membuatnya sendiri). Dan surat keterangan kelahiran dari dokter atau bidan (bisa membuatnya sendiri).

7. Surat Rekomendasi dari Dinas Sosial setempat khusus untuk pasien atau ibu pemegang jamkesmas, jamkesda, dan peserta BPJS PBI kelas III. Untuk mendapat surat rekomendasi ini bisa langsung mendatangi Dinas Sosial pada saat jam kerja, dan jangan lupa, pastikan anda membawa Surat Keterangan tidak mampu dari kepala Desa/ Kelurahan setempat.

Setelah semua berkas-berkas Syarat pembuatan BPJS bayi baru lahir di atas sudah lengkap semua, silakan bawa berkas tersebut ke kantor BPJS di pemerintahan setempat untuk diproses.

Setelah sampai di kantor BPJS anda tanya ke satpam, loket khusus untuk ibu bayi yang baru lahir. Menurut informasinya, saat ini khusus bayi yang baru lahir iuran tidak perlu antre menunggu selama 14 hari kerja, biasanya langsung pada hari itu juga akan dibayar dan kartu (sementara) akan langsung aktif setelah dibayar. Seperti biasa, untuk kelas BPJS bayi ikut orang tuanya. Setelah 3 (tiga) bulan orang tua bayi harus mendaftarkan lagi kepesertaan BPJS dengan menggunakan nama bayi sendiri tentunya membawa persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.

BayiMari mendaftarkan anak Anda ke BPJS 😊

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial