Body Shaming, Bullying yang Menghancurkan Mental

Facebook
Instagram
Foto-body-shaming

“Kamu kurus banget. Jarang makan ya? Kalau gemukan pasti cantik.”

Kalimat di atas adalah salah satu bentuk bullying yang disebut body shaming, yaitu sikap atau perilaku yang negatif terhadap berat badan, ukuran tubuh, dan penampilan seseorang. Sayangnya, di masyarakat body shaming jarang disadari. Ironisnya, body shaming masih dianggap hanya becandaan. Padahal, efek dari body shaming dapat menjatuhkan mental seseorang secara permanen. Mari kita lihat fakta-fakta dari body shaming :

Efek dari body shaming bisa berakibat fatal

Body shaming memberikan efek tekanan tersendiri bagi orang yang mengalaminya. Contoh : seseorang mengikuti diet ketat, dan mengabaikan pola makan yang seimbang, demi turunnya berat badan karena sebelumnya sering dibilang gemuk oleh lingkungan sekitarnya. Efek dari body shaming lainnya juga beragam, mulai dari jatuhnya harga diri, depresi, bahkan gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia nervosa. Perlu diketahui, setiap orang mempunyai bentuk tubuh ideal yang berbeda walaupun sudah mencapai berat badan ideal sekalipun. Apa yang kita perlukan hanyalah menjaga kesehatan tanpa dipengaruhi oleh body image yang negatif. Kita sering menemukan seseorang yang menyimpulkan bahwa dirinya sangat gemuk padahal kenyataannnya tidak gemuk. Inilah salah satu efek dari body shaming yang sudah memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Bentuk tubuh bukanlah parameter seseorang dapat dikatakan cantik

Pada dasarnya, semua perempuan terlahir cantik. Setiap orang mempunyai potensi untuk menjadi lebih baik lagi. Meskipun cantik itu relatif, namun bentuk tubuh bukanlah parameter dari cantik. Perempuan bukan seperti barang yang dapat dibedakan berdasarkan jenis, bentuk, dan penampilannya. Semua orang pasti punya daya tariknya sendiri. Entah bakat, skill, atau bahkan cara berbicara. Oleh sebab itu, bentuk tubuh bukanlah suatu tekanan untuk tampil cantik.

Selamatkan orang lain dengan tidak melakukan body shaming

Body shaming memiliki efek yang sangat besar bagi mental manusia. Ancaman stres sampai gangguan makan kian menghantui setiap orang jika pengaruh body shaming sudah begitu masuk ke dalam jiwa. Oleh sebab itu, dengan tidak melakukan body shaming terhadap diri sendiri dan orang lain, kita dapat menjauhi diri dari stres, depresi atau bahkan gangguan makan. Sehingga diharapkan kejadian buruk yang sebelumnya tidak akan terjadi lagi. Segera bawa ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater jika menemukan kerabat atau saudara Anda yang terkena gangguan makanan seperti bulimia atau anoreksia nervosa, ya.

Tanpa sadar, kita bisa menjadi pelaku body shamers. Body shaming bisa dilakukan baik saat bercanda, menghibur, atau bahkan saat memuji. Lantas, kiat apa yang dapat dilakukan untuk menghindari body shaming? Mari menerima diri sendiri dan bersyukur. Kita bisa terhindar dari body shaming dengan cara menerima diri sendiri. Dengan begitu, kita tidak akan terdorong untuk membicarakan penampilan seseorang. So, stop body shaming! (berbagai sumber)

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial