Co-Working Space: Tempat Kerja Kekinian

Facebook
Instagram
no-image

Sebelumnya, banyak entrepreneur dengan usaha yang mulai berkembang mengalami kendala dalam memperoleh tempat kerja, terutama untuk tim mereka. Kini, co-working space hadir sebagai solusi perihal tersebut.

Small Office Home Office (SOHO) sempat menjadi solusi tempat bagi para entrepreneur. SOHO merupakan ruang kantor di dalam rumah, digunakan oleh freelancer sebagai bagian dari tim yang direkrut oleh entrepreneur dalam menjalankan roda usaha mereka.

Entrepreneur bisa menyewa rumah (kontrakan) atau menggunakan rumah pribadi mereka untuk difungsikan sebagai SOHO. Namun seiring meningkatnya jumlah entrepreneur serta mahalnya biaya sewa SOHO dengan beberapa keterbatasannya, co-working space jadi pilihan terbaru yang layak dicoba.

Seperti Apakah Co-Working Space?

Co-Working Space berasal dari kata Coworking yang berarti kerja sama atau kolaborasi. Co-Working Space adalah ruang bersama yang digunakan untuk melakukan pekerjaan. Dengan demikian, individu dengan latar belakang pekerjaan ataupun bisnis berbeda bekerja dalam sebuah ruang kerja yang sama. Pada umumnya, Co-Working Space mengusung konsep open space atau transparancy, membuat setiap individu di dalamnya dapat dengan mudah berinteraksi.

Kelebihan & Kekurangan

Kebanyakan founder startup, terutama, tentu lebih tertarik menggunakan sarana Co-Working Space dalam rangkaian aktivitas usaha mereka. Jika Anda merupakan salah satu di antaranya, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan berikut sebelum memutuskan untuk menggunakan sarana Co-Working Space.

Kelebihan

1. Biaya sewa lebih murah. Dengan rangkaian fasilitas yang ditawarkan, biaya sewa Co-Working Space cenderung lebih murah dibandingkan SOHO. Anda bisa memperoleh fasilitas selayak kantor yang lengkap, seperti saluran telepon, jaringan internet, alamat bisnis, ruang meeting, hingga mesin fotokopi, printer, dan proyektor untuk presentasi bisnis.
2. Jaringan yang lebih luas. Bekerja dalam sebuah Co-Working Space memungkinkan Anda untuk bertemu dengan banyak orang lain dalam bidang usaha yang bisa jadi berbeda. Karenanya, hal ini memungkinkan Anda untuk memperluas koneksi, jaringan usaha, hingga kolaborasi bisnis.
3. Suasana kerja yang dinamis dan produktif. Dengan desain ruangan yang umumnya terbuka, Co-Working Space membuat suasana kerja Anda lebih dinamis dan tidak membosankan. Desain yang demikian juga memudahkan Anda dalam bertukar ide, diskusi, dan saling memotivasi di antara tim hingga pelaku usaha lain dalam satu ruangan.

Kekurangan

1. Kurang privasi & membuat sulit konsentrasi. Sebagai kebalikan dari kelebihan Co-Working Space yang memungkinkan Anda untuk bekerja lebih dinamis dan produktif, tempat kerja seperti ini membuat suasana kerja Anda terasa kurang privasi hingga sulit berkonsentrasi, terutama saat Anda butuh untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tingkat konsentrasi tinggi.
2. Macet. Sebenarnya permasalahan macet dapat dikatakan sebagai sebuah alasan klise. Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa kebanyakan Co-Working Space berlokasi di titik temu yang membuat orang mudah untuk menjangkaunya secara lokasi. Artinya, lokasi Co-Working Space layaknya berada di lokasi yang strategis, yaitu pusat kota. Terbayang kemacetan yang harus ditempuh untuk menjangkaunya?

Tip Sebelum Memilih Co-Working Space

Womanation, jika Anda cenderung tertarik untuk menggunakan layanan Co-Working Space, berikut beberapa tip sebelum Anda memutuskan untuk menyewanya.

1. Sesuai kebutuhan. Pastikan Anda sudah mengetahui kebutuhan dan tujuan Anda untuk menyewa Co-Working Space. Tentukan prioritas dari tujuan Anda tersebut, misal untuk kepentingan (lebih sebagai tempat) rapat dengan klien atau sarana kerja yang mumpuni bagi tim. Pilih Co-Working Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut dengan kualitas terbaik, tentunya.
2. Survei. Cari beberapa Co-Working Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lihat kondisi dan suasana kerja yang telah tercipta di dalamnya. Pilih yang sesuai dengan karakter kerja Anda dan tim untuk mendukung kinerja dan produktivitas kerja bersama.
3. Lokasi. Jika prioritas Anda adalah bisnis yang berkembang dengan jaringan lebih luas, hingga menjangkau internasional, lokasi Co-Working Space di pusat kota yang dekat dengan kantor-kantor besar hingga pusat perbelanjaan bisa menjadi pilihan. Lokasi ini memudahkan klien untuk menjangkau Anda.
4. Kapasitas. Anda bisa memilih kapasitas mulai dari small, medium, atau large, karenanya sewalah ruangan Co-Working Space yang sesuai dengan kapasitas tim Anda.
5. Anggaran. Tentunya, pilih Co-Working Space yang sesuai dengan anggaran bisnis Anda.

Direktori Co-Working Space

Jakarta

1. Koléga

Harga: Rp75.000‒Rp100.000 (3 jam)
Alamat: Kolega Tebet–Tebet Raya No. 53D Gedung Lima Tiga, Jakarta Selatan | Kolega Senopati–Jl. Suryo No. 50 Jakarta Selatan

2. Kedasi

Harga: Rp30.000/jam, All Day Pass Rp150.000
Alamat: Jl. Cempaka Atas No. 24, Jati Pulo, Tomang, Jakarta Barat

3. Conclave

Harga: Rp50.000/jam–Rp25 juta/tahun
Alamat: Jl. Wijaya 1 No. 5C, Jakarta Selatan

4. TierSpace

Harga: Rp40.000/jam‒Rp1.250.000/bulan
Alamat: Jl. Bhakti No. 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

5. Concrete

Harga: Rp35.000‒Rp150.000/hari, Rp1.800.000/bulan
Alamat: Jl. Pluit Timur Raya No. 17, Penjaringan, Jakarta Utara

Bogor

1. Kolaborato

Alamat: Jl. Bogor Baru A4 No. 8, Tegallega, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, 16129

2. Digital Innovation Lounge (DILo) Bogor

Alamat: Jl. Raya Pajajaran No. 39, Babakan, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, 16128

3. Matoa Co-Working Space

Alamat: Jl. Abiyasa Raya No. 36, Bantarjati, Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat, 16153

Bandung

1. CO&CO Space

Alamat: Jl. Dipatiukur No. 5, Lebakgede, Coblong, Bandung, Jawa Barat, 40132

2. Ruangréka Coworking Space Bandung

Alamat: Jl. Raden Patah No. 28, Lebak Gede, Coblong, Bandung, 40132

3.Titik Temu Space

Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto No. 91, Malabar, Batununggal, Bandung, 40262

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial