Halo Calon Perempuan Sukses, Ini Tips & Trik Cari Lowongan Kerja

Facebook
Instagram
pexels-photo-567633

Berburu pekerjaan dan berjuang untuk melacak aplikasi yang dikirim, wawancara, dan apa saja yang berhubungan dengan pencarian kerja bisa merepotkan dan melelahkan. Agar efektif, perlu dicermati cara mencari lowongan kerja secara sistematis dan terorganisir.

Tujuan akhir setiap kandidat adalah untuk mendapatkan kata “ya” dari perekrut. Untuk sampai ke sana, seseorang harus melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai target.

Platform Jobstreet merangkum enam cara mudah untuk mengelola dan mencari lowongan kerja dengan mudah dan mendapat hasil yang terbaik.

Tentukan tujuan karier

Pertama, menentukan seperti apa tujuan karier. Apakah ingin mendapatkan pengalaman langsung dan membangun kredibilitas sekarang? Atau apakah memiliki ambisi khusus yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan?

Meskipun kebanyakan orang mungkin mengatakan bahwa Anda harus tahu di mana Anda berada dalam 5 tahun ke depan, kenyataannya adalah, rencana sering tidak berjalan dengan baik. Jadi, meskipun bagus untuk memiliki rencana, penting juga untuk bersikap fleksibel untuk mengubah arah jika ada alasan kuat untuk itu.

Dengan kata lain, goal jangka pendek itu perlu sehingga dapat mengajukan lamaran untuk pekerjaan yang tepat dengan pemberi kerja yang tepat untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Visualisasikan perusahaan/atasan ideal

Sama pentingnya untuk memiliki tujuan karier yang jelas, perlu untuk memiliki gagasan yang jelas seperti apa bentuk perusahaan/atasan ideal. Apa lingkungan kerja ideal Anda? Budaya kerja apa yang paling cocok untuk kepribadian Anda?

Bekerja dengan rekan kerja yang berpikiran sama akan menginspirasi dan memberikan motivasi,  dan efek ini tidak akan terasa apabila terjadi sebaliknya. Dalam hal ini, penting untuk mengidentifikasi apakah lebih suka bekerja di lingkungan kerja sosial yang dinamis atau apakah Anda seorang introvert yang lebih suka bekerja secara mandiri dengan interaksi sosial yang minim.

Cari tahu perusahaan yang Anda pilih

Kamu harus mencari tahu tentang perusahaan yang kamu pilih, tentang kinerja perusahaan, kultur perusahaan dan baik buruknya perusahaan tersebut. Di sinilah kamu harus menjelajahi ulasan perusahaan secara online, memantau obrolan media sosial, forum online, dan grup obrolan yang relevan.

Cari kerja dengan cara yang cerdas

Mulai dengan daftar yang harus diperiksa untuk setiap lamaran pekerjaan. Sertakan checklist seperti di bawah ini.

Meneliti budaya perusahaan melalui:

– Ulasan perusahaan secara online.

– Obrolan media sosial.

– Forum online.

Persiapkan resume dan surat lamaran

                Persiapkan resume dan surat lamaran dengan jelas dan tidak bertele-tele. Seandainya Anda akan mengirim surat lamaran dan resume/CV via email, jangan pernah lupa untuk membuat salam perkenalan, menjelaskan diri secara singkat dan mengucapkan terima kasih di body email. Jika Anda mengosongkan body email, Anda akan dianggap tidak sopan oleh pencari kerja, dan nama Anda akan langsung dicoret.

Cari tahu nama perekrut

                Dengan teknologi yang sangat berkembang seperti saat ini, Anda bisa dengan mudah mencari nama perekrut dan nama pemilik perusahaan tempat Anda memasukkan surat lamaran. Hal ini akan berguna saat sesi wawancara, karena menunjukkan bahwa Anda tertarik terhadap perusahaan tersebut.

Sebenarnya sangat mudah untuk mencari kerja jika tahu caranya. Ini semua tentang menggunakan metode yang tepat, mendapatkan informasi terbaru dan manfaatkan teknologi yang ada untuk mencari tahu tentang lowongan pekerjaan dan review perusahaan yang Anda incar.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial