The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Makanan Sehat yang Bagus untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi

Makanan Sehat yang Bagus untuk Dikonsumsi Saat Menstruasi

womation.id - Setiap bulan kaum hawa mengalami siklus tamu bulanan. Hal ini menyebabkan timbulnya premenstrual syndrome (PMS) yaitu kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80 hingga 95 persen perempuan pada usia melahirkan mengalami gejala-gejala pramenstruasi yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Salah satunya yaitu hasrat mengonsumsi makanana menjadi tinggi. Sehinnga kaum hawa harus berhati-hati dalam memilih asupan makanan. Khususnya menghindari cemilan seperti cokelat atau makan junk food.

Berikut daftar makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat menstruasi tiba:

1. Pilih versi sehat dari makanan yang diidamkan

Menurut Edwina Clark, kepala divisi nutrisi dan kesehatan di Yummly anda bisa tetap mengonsumsi makanan manis seperti: kacang, yoghurt, buah kering dan kacang-kacangan. Karena sebenarnya tak ada alasan untuk tidak memenuhi keinginan asupan makanan tertentu, hanya saja ada cara sehat untuk memenuhinya.

2. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Saat haid anda akan beresiko mengalami anemia. Hal ini karena banyak darah yang anda keluarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya anda bisa mengonsumsi makananan seperti: daging merah, ungggas, ikan laut, sayuran atau sereal.

3. Makanan Tinggi Kalsium

Makanan berkalsium tinggi ternyata bisa mengurangi nyeri saat haid. Anda bisa mengonsumsi produk seperti: susu, sayuran hijau, tahu dan lainnya.

4. Kunyit

Tak perlu repot-repot mengupas kunyit lalu memakannya, cukup dengan membubuhkan 30 miligram kunyit bubuk ke dalam sup, teh, atau bumbu makanan untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di ikan ternyata bisa meringankan kram saat haid. Anda bisa mengonsumsi ikan seperti: salmon, sardine, teri, dan ikan forel.

6. Jahe

Jahe ternyata memiliki sifat anti-inflamasi yang juga ampuh meredakan kram perut. Anda bisa mengonsumsinya  untuk ditambahkan ke dalam teh, sup, makanan, atau dicampur dalam smoothies.

7. Kacang-kacangan

Vitamin E yang terdapat di Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur bisa mencegah pusing akibat haid.

8. Makanan yang Berserat

Gandum, buah-buahan, dan sayuran merupakan makanan berserat sehingga bisa mencegah masalah pencernaan yang seringkali muncul saat datang bulan.

9. Camilan rendah garam

Saat haid, wanita cenderung ingin makan banyak dan beralih ke camilan yang tinggi akan garam. Namun hal ini akan memicu kembung dan membuat menstruasi jadi lebih buruk. Sehingga anda bisa menggantinya dengan kentang goreng atau popcorn tanpa garam.

Harus diingat hormon yang naik-turun saat siklus menstruasi membuat kebutuhan gizi wanita pun berubah-ubah. Karena itu penting untuk memerhatikan asupan makanan saat datang bulan. Anda masih boleh menyemil, hanya saja pastikan nutrisi makanan yang anda konsumsi cukup agar menstruasi tidak lagi terasa menyebalkan.

[/pb_text][/pb_column][/pb_row]