The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

6 Cara Alami Atasi Ketombe

6 Cara Alami Atasi Ketombe

 

 

womanation - Ketombe atau dandruff adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut sehingga bias terlihat di baju kita ketika tika menyisir atau mengibas rambut. Selain itu, ketombe juga menimbulkan rasa gatal karena kulit kepala mengalami pengelupasan. Meskipun ketombe tidak menular dan bukan penyakit yang tidak terlalu serius, namun apabila dibiarkan, hal ini dapat mengganggu penampilan kita. Walaupun cara yang ampuh adalah rajin keramasa namun ternyta cara itu juga belum bias mengatasi ketombe yang muncul karena sampo yang digunakan kadang tidak cocok di kulit kepala. Maka dari itu penggunaan bahan alami menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi ketobe secara permanen.

1. Berbagai Jenis Minyak

Minyak zaitun, minyak kemiri, Minyak Almond, minyak kelapa dan minyak lavender

Minyak dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Caranya oleskan minyak pada rambut serta kulit kepala, berikan pijatan lembut agar mudah meresap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Daun-daunan

Daun pandan dan daun sirsak

Daun pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk pewangi dan penyedap makanan. Sedangkan Daun sirsak mengandung  racun sehingga bagus untuk menghilangkan parasit. Namun ternyata daun pandan sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi ketombe secara alami. Caranya haluskan daun, bisa tumbuk hingga halus, cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat. Oleskan hingga merata biarkan selama 30 menit bilas dengan air sampai bersih.

3. Buah-buahan

Jeruk nipis, lemon dan tomat

Jeruk nipis dan lemon merupakan vitamin C. Vitamin C pada kedua jeruk ini akan mendorong pertumbuhan akar rambut sehingga bias menebalkan rambut. Selain itu, penggunaan teratur pada kedua buah ini di kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yaitu peras buah lalu campurkan air secukupnya, oleskan pada rambut, biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala lalu bilas dengan air bersih. Kandungan asam pada buah tomat dapat menyeimbangkan kembali pH kulit kepala sehinnga bias menjadi solusi untuk menghilangkan ketombe. Caranya hanvurkan 2 buah tomat lalu campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala sampai rata sambil sesekali lakukan pijatan pada kulit kepala secara lembut. Biarkan selama 1 jam kemudian lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo.

4. Tanaman

Lidah Buaya, bawang merah dan jahe

Selain berfungsi menurunkan panas bawang merah juga berfungsi untuk menghilangkan ketombe. cara menghilangkan ketombe dengan bawang merah sudah di pakai sejak jaman nenek moyang terdahulu. Cara menggunakannya cukup haluskan bawang merah, lalu oleskan ke kulit kepala dan bilas hingga bersih. Selain bawang merah, lidah buaya juga mampu menghilangkan ketombe karena memiliki karakteristik bersifat dingin yang dapat menyegarkan kulit kepala. Caranya haluskan daging lidah buaya secukupnya, kemudian ratakan pada permukaan kulit kepala. Pijat untuk memudahkan lidah buaya sampai pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Dan yang terakhir adalah jahe, jahe sering digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe karena memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan pada kulit kepala yang dapat mengakibatkan ketombe dan menghambat pertumbuhan jamur.

 5. Bahan Makanan

Baking soda, cuka, garam

Gunakan baking soda untuk scrubbing pada kulit kepala, cara ini bisa mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati agar tidak menumpuk dan membentuk ketombe. Sama dengan garam yang juga bersifat scrub sehingga mampu menganggkat kulit mati.  Sedangkan, cuka biasanya digunakan untuk campuran makanan, namun ternyata cuka cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala karena mengandung zat yang bersifat abrasive. Tapi jangan sampai memakai cuka terlalu banyak ya. Caranya siapkan 1 sdt cuka, oleskan secara merata pada kulit kepala, biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air sampai bersih.

6. Sayuran

Kangkung

Kangkung merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memasak. Namun ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat ketombe. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala.