The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

10 Cara Alami Atasi Mata Minus

10 Cara Alami Atasi Mata Minus

woman glasses.jpeg

Mata minus atau rabun jauh bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, baik kanak-kanak maupun dewasa. Hal ini disebabkan bisa dari keturunan, hingga kebiasaan buruk seperti sering menonton TV atau membaca terlalu dekat. Khususnya untuk wanita, kadang tidak disarankan dokter untuk melahirkan normal bila mempunyai minus mata yang tinggi. Sehingga banyak dari wanita yang ingin meyembuhkan mata minusnya. Operasi lasik menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan mata minus, namun banyak yang takut untuk menjalani operasi ini ataupun terhalang biaya yang tentunya mahal. Pemakaian kacamata pun sebenarnya juga tidak bisa menyembuhan mata minus, tapi hanya membantu melihat secara normal. Berikut adalah cara-cara alami mengatsi mata minus.

1. Daun sirih

Daun sirih bisa dipakai untuk mengatasi mata minus dan caranya pun juga cukup sederhana. Bersihkan daun sirih lalu tempelkan pada kelopak mata di saat tidur dan lakukan cara ini secara rutin sebagai penutup kepala tiap malam saat tengah tidur ataupun beristirahat. Maka berangsur-angsur mata minus akan pulih.

2. Wortel

Wortel merupakan tanaman yang sangat berkhasiat bagi kesehatan mata karena mengandung beta karoten serta nutrisi vitamin A yang melimpah di dalamnya sehingga akan membantu memaksimalkan kinerja organ mata. Konsumsi wortel dalam menu makanan atau bisa juga dijadikan jus dan minum secara rutin dijamin mata minus akan hilang.

3. Alpukat

Lutein yang terdapat dalam alpukat dapat berfungsi untuk mengobati mata minus dan juga mengurangi resiko terkena mata minus. Sama seperti wortel, mengonsumsi alpukat setiap hari bisa menajadi solusi untuk menyembuhkannya.

4. Daun kelor

Daun kelor memiliki banyak nutrisi serta antioksidan seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin D, vitamin C, vitamin B7, vitamin B6, vitamin B3, vitamin B1, vitamin B2, magnesium, tembaga, kalium, kalsium, seng, mangan dan besi yang merupakan kandungan paling dibutuhkan untuk kesehatan mata sehingga daun kelor mampu untuk mengatasi mata minus

5. Melakukan Senam Mata

Lakukanlah senam ringan seperti mengedipkan mata beberapa kali serta menggerak-gerakkan ke samping, atas dan bawah setelah menonton TV atau gawai selama 25 menit. Sebenarnya cara ini untuk meringankan mata lelah, tapi mata yang capek dan tegang lama-lama bisa mengakibatkan minus pada mata akan bertambah.

6. Latihan Fokus dengan Telunjuk

Ambil posisi duduk yang nyaman, tempatkan telunjuk di depan wajahsejauh 10 cm . Fokuskan pandangan mata ke telunjuk kemudian alihkan fokus ke di belakang telunjuk. Kemudian kembalikan fokus ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggeserkan kepala. Latihlah proses ini hingga 10 kali, maka minus akan berkurang dan penglihatanpun akan meningkat.

7. Berjemur di Pagi Hari

Asupan vitamin D baik untuk kesehatan mata, sehingga berjemur disarankan pada pagi hari. Tutuplah kedua mata Anda dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata Anda terasa hangat.  Lakukan juga senam leher ketika Anda melakukan hal ini agar sirkulasi darah ke kepala menjadi lancar.

8. Mengompres Mata

Cara berikutnya adalah mengompres mata dengan menggunakan air hangat. Dengan mengompres mata menggunakan air hangat membuat mata menjadi rileks sehingga urat-urat merah pada bola mata akan hilang. Selain itu juga, ini juga ampuh untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata. Caranya baringkan badan, rendam handuk dalam air hangat, peras lalu tempelkan handuk tersebut pada mata dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

9. Senam Mata

Ini merupakan cara yang paling popular untuk menghilangkan mata minus karena dapat melatih kelenturan otot mata. Caranya yaitu tatap lurus ke depan, gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik. Lakukan juga untuk ke arah bawah, kanan dan kiri. Setelah selesai lakukan gerakan memutar bola mata Anda 360° searah jarum jam selama 2x. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik. Lakukan lagi namun kebalikan dari arah jarum jam. Lakukan pada pagi dan sore hari.

10. Teknik Eye Palming

Teknik ini ampuh untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya rileks baik digunakan setelah melakukan senam mata. Caranya Gosok-gosokan kedua tangan sampai terasa agak panas. Tutup kedua mata dan tutupi dengan tangan (jangan sampai menekan bola mata). Lakukan beberapa kali sampai mata terasa rileks.