The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Mulai Sekarang, Jadikan Liburan Sebagai Salah Satu Tujuan Keuangan Kamu!

Mulai Sekarang, Jadikan Liburan Sebagai Salah Satu Tujuan Keuangan Kamu!

Powerful Woman, beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan seseorang yang menceritakan ambisinya untuk mencapai tujuan-tujuan finansialnya, ceritanya menarik sekali, karena saya sempat terkagum-kagum dengan keteguhan hatinya untuk ngerem pengeluaran senang-senang, termaksud liburan.

 

Pendapatan mereka relatifbesar, namun mereka membatasi diri hanya belanja beberapa buah baju saat idul fitri, dan benda-benda sejenis. Bagaiman dengan liburan? tidak terpikir untuk itu, bahkan untuk sekedar ke kota-kota sekitar tempat tinggal mereka.

Tanggapan saya saat itu, memuji keteguhannya dalam mengontrol cash flow, dan semangat investasinya, tapi tetap saja tidak sehat. Loh kenapa? karena makna sebenarnya dari sebuah perencanaan keuangan adalah, menciptakan kesejahteraan dan kebahagiaan diri serta keluarga dengan pendapatan dan asset yang dimiliki, jadi kalau sampai mengontrol mati-matian cash flow demi investasi, dan tidak punya alokasi dan untuk menyenangkan diri sendiri, perencanaan keuangannya bisa dibilang tidak punya makna.

Liburan sebenarnya bukan kegiatan buang-buang uang tanpa makna, asalkan tidak dilakukan dengan random dan tanpa rencana. Ada kalanya orang lebih senang liburan yang spontan, tanpa rencana lanjut berangkat, tidak dilarang kok! asalkan on budget.

Liburan buat saya adalah salah satu kebutuhan penting. Dalam setahun, saya merencanakan liburan dua kali, kapanpun waktunya (biasanya tengah tahun dan akhir tahun), dengan budget tertentu. Kenapa penting menjadikan liburan ini kebutuhan? karena setiap orang pasti mengalami masa-masa penat dan liburan menjadikan kita lebih positif.

Buat seorang karyawan, seharusnya lebih mudah merancang liburan, karena ada gaji tetap dan bonus tahunan. Post liburan biasanya menggunakan pendapatan bonus tahunan, tapi jika berkeinginan liburan lebih leluasa, membuat tabungan rencana di bank akan membantu kita mengalokasikan pendapatan untuk liburan, karena didebet otomatis.

Liburan gak harus ke tempat yang jauh, apalagi jika budget memang tidak memungkinkan. Sekedar staycation di pinggir kota, atau beberapa hari cuti kemudian jalan-jalan ke tempat rekreasi sekitarpun gak masalah kok.

Buat Powerful Woman yang punya keinginan berlibur ke luar negeri, cek dulu yuk low season untuk liburan di negara yang dituju. Kalau kamu mau ke Phuket, Pnom Phen (Kamboja), Queenstown (Selandia Baru), atau Vancouver (Kanada), silahkan rencanakan di bulan Oktober. Atau sudah berencana ingin pergi ke London (Inggris)? berangkatlah di bulan November.

Merencanakan liburan bisa membuat kamu jauh lebih hemat dan mendapatkan manfaat lebih. Mulai sekarang, cek bonus-bonus tahunan, berapa yang bisa kamu alokasikan untuk liburan tahun depan.