The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

8 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Imlek di Sekitaran Jakarta

8 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Imlek di Sekitaran Jakarta

 

Liburan Imlek sebentar lagi tiba, sudah ada rencana ingin berkunjung kemana? Nah sepertinya mengunjungi kawasan pecinaan bisa menjadi pilihan. Di beberapa daerah ada kawasan yang memiliki kedekatan dengan sejarah tradisi dan budaya Tionghoa di Indonesia. Selain itu, disana kita bisa juga ikut mengikuti pergantian tahun baru sambil menyaksikan kemeriahan pertunjukan kebudayaan Tionghoa. Dan bisa juga berwisata kuliner maupun berwisata sejarah. Berikut beberapa tempat di sekitar Jabodetabek yang bisa dikunjungi saat libur Imlek.

kampung cina cibubur.JPG

1. Kampung Cina Cibubur

Kampung Cina merupakan tempat yang cocok dikunjungi ketika menghabiskan liburan Imlek di Jakarta. Berada pada kawasan perumahan Kota Wisata Cibubur, Kampung Cina Cibubur bisa dijumpai di dalam komplek  Perumahan Kota Wisata. Tempat ini tak hanya menyajikan nuansa khas negeri Cina, tapi juga kita bisa membeli barang-barang atau souvenir seperti lampion, payung bahkan pakaian khas Cina. Tidak ketinggalan pula tarian khas Imlek yaitu tarian Barongsai yang akan menghiasi sepanjang malam tahun baru Cina.

glodok.jpg

2. Kawasan Pecinaan Glodok

Selain terkenal dengan pusat bisnis elektronik di Jakarta, berkunjung ke kawasan pecinaan Glodok juga pilihan yang menarik saat liburan imlek di Jakarta. Kawasan penting dan terkenal di Glodok dapat dijumpai pada kawasan Pasar Petak Sembilan. Pasar Petak Sembilan banyak menjual pernak-pernik bertemakan Imlek. Selain itu disini kita juga bisa menjumpai aneka kuliner khas Cina, antara lain beragam macam makanan di kawasan Gang Gloria. Mulai dari Kedai Kopi Tak Kie yang populer, Bakmi Jangkung, Kari Lam hingga Gado-gado pejabat yang melegenda. Atau bisa juga mencoba Cempedak Cik Lina yang berada di kawasan Gang Kalimati.

vihara dharma.jpg

3. Vihara Dharma Bhakti

Jika sudah berkunjung ke Glodok, jangan lupa juga mengunjungi klenteng ini. Vihara Dharma Bhakti berada di Jalan Kemenangan III. Vihara ini dibangun pada tahun 1650 dan merupakan klenteng tertua di Jakarta. Vihara Dharma Bhakti aakan dipenuhi ribuan orang saat perayaan malam pergantian tahun. Ratusan lilin raksasa akan menyambut pengunjung dari depan pintu gerbang.

 

Gereja_St__Maria_De_Fatima.jpg

4. Gereja Santa De Fatima

Gereja ini terletak berdekatan dengan Vihara Dharma Bhakti. Gereja ini yang dijadikan sebagai tempat ibadah umat Katolik namun memiliki gaya arsitektur Tionghoa. Hingga saat ini, keberadaan gereja tua ini telah diresmikan menjadi salah satu cagar budaya dan juga menjadi salah satu tempat wisata imlek di Jakarta. Gaya arsitektur bangunan Gerena Santa Maria de Fatima merupakan gaya khas Fukien atau Tongkok Selatan. Gereja yang awalnya merupakan sebuah rumah ini beralih fungsi menjadi rumah ibadah pada tahun 1950 setelah seorang Pastur membelinya.

kuliner Pecenongan.jpg

5. Kawasan Kuliner Pecenongan

Kawasan kuliner ini memang terkenal banget sebagai surga makanan lezat khususnya ragam makanan khas Cina. Mulai dibuka pada sore hari, kawasan ini semakin ramai saat hari menjelang malam. Kuliner Pecenongan terletak di kawasan Jakarta Pusat. Kawasan kuliner Pecenongan juga kerap dijadikan tujuan buat masyarakat yang kelaparan di malam hari. Oleh karena itu, kawasan ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

1Klenteng Boen San Bio.jpg

6. Klenteng Boen San Bio

Klenteng Boen San Bio yang terletak di daerah Karawaci, Tangerang dipergunakan sebagai tempat beribadah penganut Kong Hu Cu, Tao dan Buddha. Klenteng Boen San Bio terkenal pada nilai sejarahnya yang sudah berumur ribuan tahun. Ketika memasuki halaman klenteng, pengunjung akan disambut oleh ornamen bangunan terutama yang ada di bagian atap. Di sana terdapat patung sepasang burung fenghuang atau hong (phoenix). Pada perayaan Imlek selain menikmati keindahan bangunan, kita juga bisa mencoba sajian kuliner di sekitar klenteng.

Hong Lay Kiong.jpg

7. Klenteng Hok Lay Kiong

Kletang Hok Lay Kiong terletak di Jalan Mayor Oking, Margahayu Bekasi. Klenteng ini merupakan cikal bakal lahirnya budaya Tionghoa di Kota Bekasi sehingga klenteng ini merupakan klenteng tertua di kawasan Bekasi yang sudah berumur tiga abad. Bangunan-bangunan lama Tionghoa masih terjaga hingga saat ini. Saat perayaan tahun baru China diadakan upacara penyucian arca dewa serta benda pusaka lain. Kegiatan yang umumnya berlangsung pada pertengahan bulan Mei ini juga disertai karnaval yang menampilkan barongsai dan berbagai kesenian Tionghoa lainnya. Pengelola klenteng juga melakukan pukul bedug setiap awal dan akhir bulan. Ada pula ritual tabur sial. Dalam acara ini para warga membuang kertas bertuliskan nama, serta harapan baik di Sungai Bekasi. 

Klenteng Hok Tek Bio.JPG

8. Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng Hok Tek Bio berlokasi di Jalan Suryakencana, Bogor. Klenteng ini selalu ramai dikunjungi di setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Beberapa kesenian tradisional Cina seperti barongsai dan liong akan digelar dan berlangsung sejak sore hingga dini hari. Tidak hanya warga Bogor, klenteng ini biasanya dikunjungi berbagai warga dari luar kota seperti Bekasi, Tangerang hingga Surabaya.