The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Terus Belajar Bisnis, Siapa Takut?

Terus Belajar Bisnis, Siapa Takut?

Womanation, apakah Anda termasuk orang yang sudah memantapkan diri untuk beralih profesi dalam dunia bisnis? Tidak perlu khawatir jika Anda masih belajar. Setiap pemula pasti belajar. Bahkan, mereka yang sudah berhasil dan sukses pun masih terus belajar. Lantas, bagaimana seorang wirausaha dapat belajar mengembangkan ide bisnisnya di era digital ini?

Belajar Bisnis Secara Online

Sebagai sumber informasi bagi UKM digital, sebuah survei kolaborasi antara Facebook, OECD, dan Bank Dunia, Survei Future of Business, diluncurkan pada September 2016 dan menyangsa hampir 200.000 UKM di lebih dari 40 negara. Survei ini diikuti oleh sekitar 70 juta bisnis yang memiliki Facebook Page aktif sebagai responden. Berdasar survei tersebut, didapat bahwa UKM kini saling belajar dan bertukar ide di tengah mobilisasi ekonomi. Sebanyak 42% UKM melakukan pembelajaran dari UKM lain dan 64% melakukan pencarian secara online sebagai salah satu cara utama untuk menemukan informasi dan edukasi.

Jadi, cara wirausaha kini mendapat rangkaian informasi terkait bisnis yang mereka kembangkan jauh lebih mudah seiring berkembangnya teknologi, termasuk pesatnya penggunaan sosial media semacam Facebook. Bahkan, Facebook makin mudah dijangkau oleh siapa pun yang hendak mengembangkan bisnis mereka dengan layanan berupa Facebook Page atau Facebook for Business.

Tidak perlu merasa malu atau sungkan bertanya untuk belajar mengenai digital platform yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda ya, Womanation! Berdasar survei di atas, salah satu cara utama UKM menemukan informasi dan edukasi untuk menguasai lingkungan mobile baru (belajar bisnis melalui platform digital) adalah dengan melakukan pembelajaran dengan UKM lain (sebanyak 34%), pelatihan secara online (39%), dari media (39%), dari teman atau keluarga (52%), blog atau forum online (60%), dan pencarian online (71%).

 
Belajar Bisnis Melalui Komunitas Wirausaha

Apa sih yang didapat ketika wirausaha mau banyak belajar terutama berkaitan dengan bisnis di era digital ini? Tentu saja, ilmu mereka dapatkan untuk bisa diaplikasikan dalam bisnis. Namun, hal utama lainnya adalah adanya kepercayaan diri. Saat bertukar informasi dan pengetahuan dengan wirausaha lain, seorang wirausaha (startup) jadi lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan dari bisnis yang dirintisnya. Ini merupakan hal yang sangat penting.

Namun jika digital platform  tidak cukup membantu Anda dalam memperoleh informasi, jangan khawatir, Womanation! Ada lho cara lain untuk bisa belajar. Kini Anda bisa mendapati banyak komunitas wirausaha yang memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi yang sesuai dan tepat untuk bisnis yang Anda rintis. Bukan sekadar secara online, komunitas-komunitas ini menjadi fasilitator bagi para wirausaha untuk balajar melalui forum offline, baik workshop, seminar, atau kelas edukasi yang rutin mereka selenggarakan.

Entrepreneur Hub (entrepreneurhub.id), salah satunya. Komunitas wirausaha yang didirikan untuk mendukung perkembangan wirausaha muda di Indonesia ini didirikan sejak 2011. Komunitas ini mewadahi dan mengedukasi pelaku bisnis startup serta banyak program edukasi yang telah diselenggarakannya. Secara spesifik, komunitas ini diperuntukkan bagi wirausaha (startup) muda dengan rentang usia 20-an.

Lainnya yang juga spesifik, diperuntukkan khusus wanita, adalah Womanpreneur Community atau dikenal juga dengan Komunitas Wirausaha Wanita Indonesia (womanpreneur-community.com). Komunitas ini merupakan wadah para pengusaha wanita dalam merintis bisnis sekaligus mengembangkan diri jadi woman of change. Womanpreneur Community mengajak wanita yang tergabung di dalam komunitasnya untuk terus mengembangkan diri melalui berbagai program pembinaan dan pelatihan selama 3 bulan untuk menjadi womanpreneur yang tangguh, memiliki kemampuan mumpuni, serta menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitarnya.

Womanation, siap untuk mengembangkan ide, kemampuan, dan pengetahuan bisnis Anda? Jangan ragu, ya, menjadi bagian yang turut menyumbang pertumbuhan ekonomi negara tercinta kita ini.