The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Tutorial Membuat Kerajinan Decoupage

Tutorial Membuat Kerajinan Decoupage

womanation.id – Sebagai seorang perempuan apalagi kalau sudah berumah tangga, ternyata pekerjaan harian yang harus kita lakukan setiap harinya semakin bertambah banyak ya, Powerful Woman. Mulai dari mengurus keperluan anak, menyiapkan keperluan suami, memasak, bahkan ikut membantu keuangan keluarga dengan membuka usaha sendiri yang mengandalkan kreatifitas seorang ibu.


Adalah teknik kerajinan decoupage yang belakangan sedang happening di kalangan para pecinta art and craft. Decoupage berasal dari bahasa Prancis, yaitu ‘dĐÉcouper’, yang berarti ‘memotong’. Dalam kerajinan ini, kita bisa menggunakan tisu, kertas hias, maupun kain yang digunting dan ditempelkan pada suatu media lalu dilapisi dengan varnish atau pelitur. Nah, proses inilah yang membuat potongan bahan-bahan tersebut rata sehingga seolah-olah seperti lukisan.

Powerful Woman, di Indonesia sendiri nama decoupage sudah mulai hadir sejak sekitar tahun 2000-an loh. Sejak awal kemunculannya, decoupage langsung menjadi idola para anak muda maupun ibu rumah tangga. Beriringan dengan tren yang sedang berkembembang mengenai decoupage ini, di awal tahun 2000-an pula mulai banyak workshop decoupage digelar sehingga membuat kerajinan ini semakin naik daun di kalangan pecinta art and craft. Media yang digunakan untuk kerajinan ini pun semakin beragam, namun yang sedang marak di pasaran adalah tas pandan yang awalnya biasa saja lalu disulap menjadi tas yang cantik dan unik dengan sentuhan decoupage.

Setelah mengetahui sekelumit tentang decoupage dan perkembangannya di Indonesia, rasanya kurang afdol kalau kita tidak langsung mencobanya di rumah ya, Powerful Woman. Yuk catat alat & bahan serta cara membuatnya dari tips di bawah ini ya:

Alat dan Bahan:

- Lem putih atau lem transparan

- Cat akrilik

- Kuas akrilik

- Kuas lem

- Pelitur, pernis, atau pelapis khusus decoupage

- Gunting

- Media yang akan digunakan, bisa berupa kayu, kaca, anyaman pandan, dan lain-lain

- Bahan-bahan Misal: guntingan koran atau majalah, potongan kertas, serta tisu hias.

Cara Membuat:

- Cat media yang akan digunakan dengan cat akrilik, tunggu hingga kering.

- Gunting bahan-bahan decoupage sesuai keinginan.

- Oleskan lem pada media decoupage hingga merata, lalu tempelkan bahan decoupage yang sudan Anda gunting pada media yang sudah Anda beri lem.

- Setelah kering, lapisi dengan lem lalu semprotkan pernis untuk hasil yang lebih cantik lagi.

Bukan rahasia umum lagi ya Powerful Woman kalau kerajinan decoupage ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan bagi para ibu di rumah. Selain bahan-bahan yang mudah didapat, proses pengerjaannya pun tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Walaupun terasa mudah, namun keahlian yang dibutuhkan sesungguhnya adalah kreatifitas dan ketelitian sehingga pola yang Anda buat bisa menghasilkan bentuk yang cantik.

Nah, gimana nih Powerful Woman? Sudah siap menyulap benda-benda di sekitar Anda dengan teknik decoupage supaya lebih cantik? Atau Anda sudah langsung siap membuka usaha juak beli kerajinan decoupage ini? Selamat berkreasi ya, Powerful Woman.