The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Ingin Diterima di Perusahaan Idaman? Simak Hal Penting Ini!

Ingin Diterima di Perusahaan Idaman? Simak Hal Penting Ini!

Anda bersusah-payah belajar hingga pendidikan tinggi demi meraih gelar sarjana dan bisa bekerja di perusahaan idaman. Namun, saat melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan memasuki proses interview, Anda dianggap belum memiliki keahlian yang dibutuhkan karena tidak memiliki pengalaman yang diharapkan. Sakitnya di mana, Womanation?

Womanation, tahukah Anda bahwa saat ini terdapat pergeseran penilaian bagi kandidat pencari kerja? Beberapa tahun lalu, gelar sarjana digadang-gadang menjadi syarat diterimanya seseorang dalam sebuah bidang pekerjaan. Kini, hal tersebut bukan lagi sebuah prioritas. Bagaimana ini bisa terjadi ?

 
Kualifikasi Terpopuler

Menurut The Independent, penelitian baru menunjukkan bahwa 58% perusahaan menjadikan pengalaman kerja sebagai kualifikasi terpopuler, sementara 48% lainnya menjadikan pengalaman kerja sebagai faktor kedua terpopuler. Biro statistik tenaga kerja Amerika Serikat memperkirakan bahwa hanya 33% pekerjaan di AS yang membutuhkan gelar sarjana.

 
Hanya Satu dari Empat Perusahaan Idaman Tertarik dengan Gelar Sarjana

 

Dari penelitian 500 perusahaan yang diadakan oleh “University of Hertfordshire”, hampir separuh responden yang disurvei merasa “menyukai” pengalaman kerja yang relevan, etika kerja yang baik, dan subjek yang relevan saat mempekerjakan lulusan. Hanya satu dari empat perusahaan yang tertarik pada gelar sarjana, bahkan dengan presentase yang lebih kecil mengenai reputasi universitas. Menurut penelitian, perusahaan memberikan 10 hal yang dijadikan pertimbangan saat memperkerjakan karyawan:

1.Pengalaman kerja yang sesuai
2.Etika di tempat kerja
3.Sarjana di bidang tertentu
4.Semangat
5.Kedewasaan
6. Klasifikasi pendidikan
7.Ramah
8.Reputasi universitas
9.Ambisi dan tujuan karier
10.Kepemimpinan

Keahlian yang Diharapkan Perusahaan Idaman

Kris Stadelman, Direktur Badan Investasi Tenaga Kerja NOVA di Silicon Valley, menegaskan bahwa perusahaan lebih tertarik dengan keahlian yang Anda bawa dan bagaimana keahlian ini dapat digunakan dalam bisnis mereka. Sementara, sebuah penelitian oleh NOVA dikutip TIME, menyebutkan bahwa penguasaan teknologi saat ini merupakan faktor terpenting dalam keputusan rekrutmen perusahaan.
Penekanan terhadap keahlian ini, menurut penulis artikel TIME, melampaui teknologi ke sektor lain yang mencakup layanan bisnis, keuangan, perawatan kesehatan, dan perhotelan. Disimpulkan bahwa perusahaan mencari karyawan dengan keahlian yang sesuai dengan pekerjaan tertentu serta yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan bisa bekerja sama dalam tim. Ini menunjukkan bahwa bukan hanya keahlian teknologi yang diminati, tetapi juga keahlian praktis dan dapat dipindahtangankan.

 
Keahlian yang Tidak Diperoleh Melalui Pendidikan Formal

Mungkin faktor utama yang membuat Google begitu sukses adalah pendekatan tidak biasa mereka terhadap semua aspek operasional, termasuk rekrutmen. Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, Wakil Presiden Operasi Rakyat Terbaik Google, Laszlo Bock, berkomentar bahwa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bukanlah kriteria untuk merekrut dan nilai tes tidak ada gunanya. Google menemukan bahwa mereka tidak memprediksi apa pun. Sebagai gantinya, Bock menyebutkan bahwa ide adalah keahlian yang jauh lebih berharga. Banyak orang yang tidak menempuh pendidikan hingga jenjang tinggi, bahkan tidak bersekolah, tetapi mampu meraih kesuksesan. Mereka adalah manusia luar biasa.

Nah, bagi Womanation yang belum sempat meraih gelar sarjana dalam genggaman, yakinlah Anda bisa meraih sukses dengan segala pengalaman kerja dan sikap Anda. Bagi Anda yang telah berhasil menempuh pendidikan tinggi, jadikan pendidikan Anda bermanfaat dan jangan malu atau sungkan untuk terus belajar memperdalam pengalaman dan keahlian Anda. Sementara bagi Anda yang baru mencoba untuk melamar pekerjaan di perusahaan idaman, pastikan Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan dengan kualitas yang baik, ya Womanation!

 

 

Editor: Andiana Moedasir