The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan, Cek Biar Gak Ikutan Salah

Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan, Cek Biar Gak Ikutan Salah

Powerful Woman, dalam membuat resolusi keuangan, Anda harus memastikan bahwa cara atau langkah yang Anda ambil adalah benar, sehingga tidak mengacaukan tujuan akhir Anda. Beberapa orang menggap hal-hal yang akan saya sebutkan biasa saja, padahal salah dan dapat membuat keuangan Anda tidak sehat. Apa saja sih, yuk mari kita bahas :

  1. Ketika mengambil KPR kebanyakan dari kita menggunakan metode hitung join income, dan menghitung rasio cicilannya 30% dari itu, hal ini dilakukan agar pengajuan KPR dapat dikabulkan oleh bank, namun tidak banyak yang menyadari bahwa hal ini memiliki resiko tinggi. Alasannya adalah, jika perhitungan kelayakan cicilan didasari dari dua income, istri cenderung memiliki resiko tinggi terhadap melepas pekerjaan, salah satu alasannya adalah karena anak. Dengan begitu,jika salah satu tidak bekerja, rasio hutang akan meningkat, resiko gagal bayar akan besar.
  2. Membayar tagihan kartu kredit dengan minimum payment, atau lewat jatuh tempo. Kondisi tersebut akan membuat Anda terkena bunga rata-rata >30% per tahun, wow banget kan sementara tabungan atau investasi tidak mencapai bunga tahunan sebesar itu.
  3. Menyimpan terlalu banyak uang di Bank. Loh kok salah? Jangan senang dulu kalau uang Anda berlimpah di rekening bank. Bunga yang diberikan untuk simpanan tabungan adalah 1% dan 5% rata-rata untuk deposito, sedangkan inflasi kebutuhan hidup rata-rata mencapai 7%, sudah pasti dong uang Anda akan berkurang nilainya. Simpan seperlunya untuk dana darurat, selebihnya pastikan Anda berinvestasi dengan aman.
  4. Membeli asuransi untuk berinvestasi. Whatttt? Asuransi adalah produk keuangan yang tujuannya memproteksi resiko Anda akan kehilangan uang lebih banyak karena sesuatu. Misalnya resiko sakit, kematian, kebakaran rumah, atau kecelakaan mobil. Nah kalau resiko terjadi premi yang Anda bayarkan pasti akan hilang. Kalau berinvestasi di asuransi, Anda akan terkena premi jauh lebih besar, pasti, uangnya akan hilang? Bagian premi proteksi pasti akan hilang. Bagian investasi akan dikenakan biaya yang lebih besar dibanding di intrumen investasi sesungguhnya.
  5. Tidak pernah melakukan financial check up adalah kesalahan umum yang sangat fatal. Artinya Anda tidak pernah mengetahui apa saja sih kekayaan Anda, berapa banyak hutang dan sudah pasti tidak mengetahui potensi aset yang bisa dikembangkan.

Kebetulan sekali masih diawal tahun, eveluasi kembali resolusi Anda, dan hindari melakukan resolusi yang salah sehingga malah mendatangkan kerugian untuk Anda.