The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Wanita Single Wajib Mengatur Keuangan Tiap Bulannya, Ini Tipsnya

Wanita Single Wajib Mengatur Keuangan Tiap Bulannya, Ini Tipsnya

woman with money.jpg

Womanation.id - Karir yang bagus membuat wanita merasakan nikmatnya mengelola uang hasil jerih payah sendiri. Apalagi bila masih berstatus single, kadang uang bulanan bisa habis terpakai hanya untuk bersenang-senang dibanding dengan yang sudah berkeluarga. Namun, tentunya hal ini tidak berlaku pada semua wanita single karena ada saja waniya yang sudah mempunyai aturan untuk mengatur dan mengelola keuangan dirinya sendiri. Cara-cara berikut mungkin bisa membantu kalian, para wanita yang susah mengatur keuangan sehingga nantinya terhindari dari masalah keuangan dihari tua.

1. Mecatat Pengeluaran Bulanan

Selagi masih single dan pengeluaran hanya untuk diri sendiri, cobalah untuk mencatat pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari yang digunakan selama sebulan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencatat tagihan-tagihan, seperti listrik, transportasi, asuransi dan juga pengeluaran untuk bersenang-senang. Setelah diakhir bulan nanti, cobalah untuk dihitung kembali kira-kira poin mana yang paling banyak pengeluarannya sehingga kita bisa meminimalisir pengeluaran tersebut dan keuangan kita bisa lebih terkontrol.

2. Menahan Diri untuk Belanja

Inilah kebiasaan para wanita yang sepertinya butuh usaha keras untuk dihindari. Apalagi di jaman yang serba online seperti sekarang ini, semua bisa dibeli tanpa harus datang ke toko. Namun, jika ingin budget lebih teratur maka sebaiknya kita tidak terlalu tergiur dengan barang-barang yang sebarnya tidak terlalu dibutuhkan. Cara ini memang tidak mudah untuk dilakukan, terlebih bila ada diskon. Tapi bila kita sudah bisa menaklukannya, kita lebih bisa mengalokasikan keuangan untuk tabungan masa depan.

3. Siapkan Dana Darurat

Ungkapan “sedia payung sebelum hujan”, sepertinyacocok untuk menggambarkan poin ini. Menyiapkan dana darurat menjadi penting karena hal ini akan membantu kita jika dalam keadaan benar-benar membutuhkan uang. Dana darurat bisa diambil dari gaji yang kita terima setiap bulannya. Bila kita bingung ingin menyimpannya dimana, cobalah untuk membuat 2 akun bank. Simpan ditempat yang kira-kira sulit terjangkau atau gunakan celengan yang sudah untuk dibongkar. Ini bisa membuat gida jauh dari godaan untuk memakai uang tersebut.

4. Dana Pensiun itu Penting

Menyiapkan dana pensiun saat single memiliki manfaat yang nantinya sangat berguna, karena Semakin panjang waktu yang digunakan untuk berinvestasi, maka kegiatan investasi untuk dana hari tua menjadi semakin ringan. Ikutilah program dana pensiun seperti asuransi kesehatan atau asuransi ketenagakerjaan. Selain itu dana peniun juga berguna untuk tetap memastikan bahwa nantinya masa depan kita akan aman tanpa harus menggantungkan financial ke orang lain.

5. Investasi

Selagi masih single dan memiliki gaji bulanan, cobalah untuk berinvestasi dalam bentuk produk atau barang yang nantinya bisa dijual kembali. Atau investasi dalam bentuk usaha yang bisa menghasilakan uang kembali. Sehingga pengeluaran-pengeluaran bulanan tidak terlalu terasa karena perputaran uang yang kembali lagi ke dalam saku. Namun, jika ingin berinvestasi untuk masa depan, bisa dengan membeli rumah yang nantinya bisa digunakan saat sudah berkeluarga ketimbang mengeluakan uang sewa kost atau apartemen setiap bulannya.

6. Hindari Hutang dan Rajinlah Menabung

Hutang kecil yang kadang suka disepelakan oleh para wanita adalah belanja dengan menggunakan kartu kredit. Padahal semakin sering menggunakan kartu kredit saat berbelanja, semakin besar pula uang yang harus dikeluarkan dibulan-bulan berikutnya. Saat ini fokuslah untuk menabung karena jika nanti saat berkeluarga, ada bekal yang bisa membantu untuk mengatasi masalah keuangan yang kadang tidak terduga kedatangannya.