The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Strategi Menghadapi Tanggal Tua

Strategi Menghadapi Tanggal Tua

Apakah Anda sering mengalami kepusingan di tanggal tua karena masalah keuangan? Percayalah, Anda bukan satu-satunya, Womanation! Banyak pekerja di luar sana, terutama yang baru memulai karier dan bekerja, mengalami hal sama dengan Anda.

Banyak orang, terutama orang muda, kehabisan uang sebelum akhir bulan, entah karena pendapatan yang kurang atau pengelolaan uang yang kurang baik. Jobstreet, situs lowongan kerja dan karier di Indonesia, mengklasifikasikan beberapa masalah keuangan yang umumnya terjadi dan memberi solusi dalam mengatasinya.

Anggaran Pengeluaran Mencegah Masalah Tanggal Tua

Bisa jadi Anda tidak menyadari mengapa uang Anda bisa habis begitu saja, “Uang saya pergi ke mana?” Jika seorang lulusan baru, mungkin Anda belum pandai mengatur pendapatan yang Anda terima. Namun, jangan biarkan hal ini terus berlangsung. Sebaiknya buat anggaran bulanan untuk memonitor pengeluaran Anda. Untuk memudahkannya, Anda bisa mengunduh aplikasi anggaran online. Semaksimal mungkin hindari pemakaian kartu kredit. Selain itu, simpan semua nota pembelian atau gunakan smartphone untuk melacak setiap pengeluaran yang telah Anda lakukan.

Sudah membuat anggaran tetapi masalah keuangan masih berlanjut? Nah, Womanation, mungkin Anda salah memperlakukan anggaran yang telah dibuat. Selayaknya, anggaran adalah rangkaian langkah keuangan yang harus diikuti dengan baik, bukan sekadar daftar atau rincian pengeluaran. Beberapa orang keliru menilai hal ini, sehingga mereka antusias meninggikan anggaran yang mereka pikir akan menyelesaikan semua masalah keuangan.

Penganggaran, jika dilakukan secara tepat, dapat membantu memotong pengeluaran dan menghemat sejumlah uang. Karenanya, perlakukan anggaran sebagai peta perjalanan keuangan. Jadi, Anda perlu berpegang pada hal tersebut dan dengan konstan mengembangkannya sehingga lebih menghemat uang seiring berjalannya waktu. Ingat, tiga atau empat bulan pertama dari pembuatan anggaran akan terasa berat. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan melihat bagaimana mengelola keuangan dengan anggaran adalah lebih mudah.

Jangan Lupa Menabung

Satu masalah keuangan lainnya yang sering dihadapi adalah tidak memiliki kemampuan menabung. Womanation, siapa yang tidak senang menikmati pendapatan sendiri dengan membeli barang-barang yang diinginkan? Ada kepuasan sendiri karenanya. Apalagi, Anda baru saja bekerja. Rasanya, Anda ingin berpuas-puas menyenangkan diri dari hasil kerja keras sendiri, bukan?

Percaya deh, alih-alih melakukannya, lebih baik tabung pendapatan yang Anda terima. Rencanakan seberapa banyak Anda perlu menabung, kemudian gunakan seberapa pun yang tersisa untuk pengeluaran dan kebutuhan harian. Teknik menabung ini dapat melatih Anda untuk membuat anggaran dengan lebih bijak.

 

Nah, jika hal-hal tersebut dapat dialankan dengan baik, Anda tidak akan berutang kepada siapa pun. Juga, tidak (akan) ada (lagi) yang namanya pusing melanda setiap tanggal tua.

 

 

Editor: Andiana Moedasir