The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Pascalebaran, Perlukah Kelola Keuangan dari Nol Lagi?

Pascalebaran, Perlukah Kelola Keuangan dari Nol Lagi?

Lebaran memang selalu jadi ajang “bersenang-senang”. Tidak cuma dipergunakan untuk berbelanja ini-itu. Uang THR yang sudah didapat pun dipergunakan untuk mudik, berbagi “angpau” kepada sanak famili, liburan ke sana ke mari, hingga membeli oleh-oleh.

Nah, apakah pascalebaran masih ada THR tersisa? Bagaimana mengelola keuangan untuk rutinitas harian pascaeuforia Lebaran?

Womanation, apa Anda jadi bagian dari orang yang mengeluhkan kondisi keuangan lepas Lebaran? Berbagai pengeluaran jelang hingga beberapa hari pascalebaran memang bikin kita jadi bingung mengatur keuangan kembali, ya! Jangan khawatir, Womanation! Beberapa cara berikut bisa membantu kita memulihkan kondisi keuangan pascalebaran. Yuk, coba perhatikan!

Cek & Ricek Pengeluaran Kebutuhan Lebaran

Cek kembali pengeluaran yang telah Anda lakukan selama Lebaran secara cermat dengan membuat rinciannya. Periksa pada bagian mana pengeluaran terbesar terjadi. Hal ini merupakan langkah evaluasi agar Lebaran berikutnya Anda dapat lebih cermat mengatur keuangan. Selain itu, lihat berapa dana yang tersisa di tabungan Anda. Sesuaikan kebutuhan dengan dana yang tersisa dan usahakan jangan sampai minus agar Anda tidak berutang.

 

Kelola Ulang Pengeluaran

Buat kembali daftar kebutuhan Anda pascalebaran, pilah mana yang benar-benar dibutuhkan dan bisa dikesampingkan. Hal ini bertujuan untuk menekan pengeluaran yang akan terjadi. Sebagai solusi lain, buat daftar belanja dengan barang-barang yang harganya lebih murah namun kualitas terjamin. Sebisa mungkin hindari membeli barang atau melakukan pengeluaran pada pos yang kurang penting.

 

Prioritaskan Kebutuhan

Hal penting lainnya untuk menstabilkan kondisi keuangan Anda adalah dengan membatasi pengeluaran setiap harinya dan prioritaskan hanya pada kebutuhan utama. Misal, Anda bisa membawa bekal makanan ke kantor atau menyiapkan bekal makan untuk anak ke sekolah. Anda juga bisa mencoba alternatif kendaraan umum yang lebih murah untuk bepergian, daripada menggunakan kendaraan pribadi dengan BBM yang lumayan mahal. Alternatif lain, tunda sementara waktu untuk melakukan berbagai hobi di luar rumah yang dapat menguras isi tabungan Anda atau “meliburkan diri” dari kumpul-kumpul dengan teman di restoran atau mal.

 

Nah, Womanation, demi isi tabungan yang kembali normal, tidak ada salahnya mencoba tip di atas dan kembali “berpuasa” dari pengeluaran yang kurang penting. Semoga bermanfaat!


 

Editor: Andiana Moedasir