The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Seberapa Penting Investasi Bagi Wanita?

Seberapa Penting Investasi Bagi Wanita?

Jika mendengar kata investasi, yang terbayang di benak kita adalah saham dalam jumlah besar, broker, atau istilah-istilah yang sepertinya terlalu kompleks untuk dibahas oleh wanita awam seperti kita. Sebenarnya, investasi seperti apa sih? Pentingkah investasi bagi wanita?

Womanation, di suatu waktu kita mendengar kata investasi dalam sebuah perbincangan keuangan. Di waktu lain, kita dengar kata tersebut dibahas dalam konteks yang berbeda, misal pendidikan merupakan investasi. Secara umum, kata investasi mengandung makna mengorbankan suatu hal, seperti waktu, uang, atau tenaga untuk hal yang jauh lebih besar di masa mendatang. Misal, Anda mengorbankan waktu, uang, dan tenaga untuk menempuh pendidikan dan demi jabatan yang lebih tinggi nantinya, bisa dikatakan Anda berinvestasi dalam hal pendidikan.

Dalam hal berkaitan dengan keuangan, investasi berarti mengorbankan “kesenangan” Anda untuk mengeluarkan sejumlah uang atas hal yang dirasa kurang bermanfaat, guna dialihkan ke hal yang jauh lebih penting di masa mendatang. Misal, Anda menyimpan sejumlah uang untuk biaya pendidikan anak Anda di waktu kemudian.

Mengapa Investasi Bagi Wanita Dianggap Penting?

Karena tidak pernah tahu hal yang akan terjadi di waktu mendatang, penting bagi Anda untuk mempersiapkan segala kemungkinan guna meminimalisasi hal buruk. Beberapa orang berinvestasi demi kepentingan bisnis. Sebagian lainnya, berinvestasi tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tapi juga pribadi dan keluarga. Misal, berinvestasi untuk membiayai kebutuhan keluarga, pendidikan, hingga biaya pensiun.

Seberapa Besar Biaya yang Dibutuhkan untuk Investasi?

Hal yang kadang kita tidak ketahui adalah perihal biaya yang dibutuhkan. Untuk lebih jelas, Anda bisa mendatangi bank terpercaya tempat Anda menabung. Namun sebagai gambaran, investasi ternyata bisa dilakukan dengan bujet yang minim.

Hanya dengan dana sebesar Rp100 ribu, bahkan, Anda bisa berinvestasi setiap bulannya. Ingat, pilihlah produk investasi yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhkan Anda. Memang, tawaran reksa dana saham begitu menggiurkan karena Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 80%. Namun, tawaran keuntungan yang besar tersebut berbanding lurus dengan kerugian yang bisa diperoleh karena sifatnya yang cenderung fluktuatif.

Produk tabungan berjangka memang memiliki bunga yang kecil, katakana 5% per tahunnya. Namun, produk ini cenderung lebih aman dari produk investasi lainnya dan bunganya lebih besar dari tabungan biasa. Tabungan berjangka biasanya memiliki kurun waktu minimal satu tahun. Artinya, Anda hanya boleh mengambil uang yang Anda simpan setelah kurun waktu yang disepakati.

Produk yang ternyata tidak sedikit peminatnya adalah investasi logam mulia (emas). Jenis investasi ini cenderung lebih stabil walaupun nilainya juga fluktuatif mengikuti harga emas dunia. Anda bisa memulai dengan berinvestasi dari logam mulia dengan berat terkecil, 3 gr, dengan membelinya di perusahaan milik negara, Aneka Tambang, atau di toko emas terpercaya.

Biasanya pembelian logam mulia ini disertai sertifikat jaminan keaslian. Atau, Anda juga bisa mencoba mencicil emas melalui bank. Serunya, beberapa bank menetapkan harga cicilan yang cukup terjangkau, mulai Rp5.000 per hari.

 

Editor: Andiana Moedasir