The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Tetap Sehat Santap Menu Hari Raya

Tetap Sehat Santap Menu Hari Raya

Jika diperhatikan, hidangan dan menu Hari Raya didominasi dengan makanan berat bersantan dan pedas serta makanan ringan dengan rasa manis. Sebenarnya tidak ada alasan mengapa seperti itu. Mungkin karena Hari Raya adalah hari penuh suka cita, tidak ada salahnya menghibur hati dan perut dengan hidangan lezat. Ah, diet, libur sejenak, ya!

Siapa tidak tergoda hidangan Hari Raya nan lezat, disantap bersama orang-orang terkasih, sampai rela meliburkan jadwal diet. Sehari-dua hari-seminggu, tak mengapa. Namun, bagaimana dengan penderita gangguan kesehatan, seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi?

Womanation, makan enak boleh saja. Namun, kita harus memahami kondisi tubuh kita dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi hanya karena kue Lebaran yang kaya akan susu, keju, dan cokelat, serta sirup manis dan segar, atau opor lezat nan penuh lemak. Nah, bagaimana triknya bisa menikmati menu Hari Raya namun sehat tetap didapat?

 

1.Konsumsi makanan dengan komposisi asupan gizi seimbang, yaitu makanan berkarbohidrat kompleks sebanyak 55-65%, lemak 30% dan protein 10-20% dari jumlah asupan kalori total. Kurangi makanan yang banyak mengandung gula, minyak, dan garam.

2.Wajib mengonsumsi buah dan sayur karena hampir semua buah dan sayur efektif membantu menyerap gula dan lemak jahat yang menumpuk serta melancarkan sistem pencernaan.

3.Perbanyak konsumsi air putih serta hindari soft drink dan sirup.

4.Bagi Anda penderita diabetes, lebih baik konsumsi makanan sesuai kebutuhan, di mana asupan karbohidrat dan protein harus sesuai takaran dan tentu saja mengurangi makanan dan minuman manis, kecuali gula yang digunakan adalah gula rendah kalori.

5.Bagi Anda penderita hipertensi, hindari makanan berlemak tinggi, makanan yang asin, diasinkan, atau diawetkan.

6.Bagi Anda dengan riwayat kolesterol tinggi, hindari makanan yang terlalu gurih, berlemak, gorengan, produk susu, jeroan, seafood (selain ikan), dan makanan sumber lemak hewani lainnya.

7.Istirahat dengan cukup dan efektif karena kurang istirahat ditambah konsumsi asupan makanan yang tak sehat dapat memicu risiko gangguan kesehatan lainnya.

8.Pantau status kesehatan Anda dan keluarga dengan Medical Check Uprutin/ pemeriksaan kesehatan dengan dokter keluarga atau laboratorium klinik terdekat di tempat Anda.