The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Mudik Lancar, Rumah Aman, Hati Tenang

Mudik Lancar, Rumah Aman, Hati Tenang

Segala kebutuhan Lebaran telah disiapkan. Bukan saja pakaian dan makanan, seluruh perlengkapan mudik pun telah siap. Namun, rasanya ada yang kurang, apa ya?

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa meninggalkan rumah dalam keadaan cukup kunci sudah cukup aman. Nyatanya, maraknya tindak kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih waspada. Terutama saat mudik Lebaran nanti, di mana rumah akan tanpa penghuni untuk beberapa lama. Ah ya, belum lagi masalah terkait listrik yang ternyata bisa berakibat sangat fatal jika tidak diwaspadai dengan baik: Kebakaran.

Womanation, tahukah Anda bahwa menurut data Pusat Informasi Kriminal Nasional POLRI, di tahun 2016 lalu, secara nasional jumlah kasus pencurian dengan pemberatan menempati posisi tertinggi sebanyak 2.816 kasus. Modus pencurian dengan pemberatan ini paling banyak terjadi di musim Lebaran, saat banyak rumah ditinggalkan penghuninya.

Selain itu, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta menunjukkan bahwa selama bulan Juni–Juli 2016, bertepatan dengan musim Lebaran, telah terjadi 108 insiden kebakaran, yang lagi-lagi penyebabnya didominasi oleh arus pendek listrik. Lantas bagaimana mewaspadai hal-hal buruk tersebut.


Tidak perlu khawatir, Womanation! Schneider Electric, perusahaan global di bidang pengelolaan energi dan automasi yang telah melayani konsumen di lebih dari 100 negara, menawarkan rangkaian solusi Smart Home yang mampu menjawab beragam kebutuhan kita, mengutamakan kualitas, sederhana dan mudah digunakan, terangkum dalam sistem yang terintegrasi untuk mempermudah pengawasan dan pengontrolan, serta terdigitalisasi sehingga dapat saling terkoneksi. Waw, mantap! Apa saja, ya?

1. Sering kali kita lupa mematikan sehingga lampu terus menyala walau tidak dibutuhkan. Selain boros energi, kondisi lampu yang tetap menyala sepanjang hari justru memberi kesan bahwa rumah tidak berpenghuni dan malah mengundang aksi kejahatan. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat memanfaatkan sensor okupansi NEO, ZENcelo,dan Argus (masing-masing memiliki fungsi dan kelebihan) yang dapat menyalakan atau meredupkan lampu secara otomatis dengan mendeteksi gerakan dalam ruangan.

2. Risiko arus pendek listrik dapat terjadi kapan pun tanpa terdeteksi, akibat lupa mencabut stop kontak perangkat listrik yang tidak terpakai. Untuk melindungi rumah dan penghuninya dari kerugian materi bahkan nyawa akibat hubungan arus pendek listrik, Schneider Electric menghadirkan solusi terbaru, Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO),menggabungkan fungsi MCB dan ELCB. Selain memutus arus listrik secara otomatis bila terjadi hubungan arus pendek karena beban arus berlebih, RCBO juga berfungsi memutus arus listrik saat terdeteksi adanya kebocoran arus listrik ke tanah. Artinya, RCBO bukan hanya melindungi rumah dan seluruh isinya, namun juga melindungi penghuninya dari ancaman sengatan listrik.

3. Pada dasarnya, lighting control merupakan bagian dari rangkaian solusi automasi untuk perumahan yang memanfaatkan teknologi dan Internet of Thingsguna menciptakan konektivitas antar-perangkat rumah. Menggunakan perangkat ini, kita dapat mematikan lampu dari jarak jauh melalui gadget, di mana pun. Selain itu, kita juga dapat menetapkan penjadwalan otomatis untuk menyalakan/mematikan lampu untuk menghindari pemborosan. Solusi lighting control ini juga dapat diperluas fungsinya untuk mengontrol TV dan AC di rumah. Schneider Electric menawarkan solusi yang sangat beragam, dari yang lebih ekonomis dan sederhana, seperti EZinstall3 Mini Home Control, hingga yang lebih canggih, seperti Wiser.

4. Untuk mencegah aksi kejahatan, sistem keamanan canggih dan modern juga penting untuk ditambahkan ke dalam rumah, seperti CCTV, yang dapat memantau rumah selama 24 jam non-stop dan, terpenting, dapat langsung dimonitor melalui Pelco, brand CCTV Schneider Electric, memungkinkan penggunanya untuk dapat menangkap gambar berkualitas tinggi guna meningkatkan keamanan dan keselamatan rumah. Dengan resolusi tinggi, Pelco dapat menjangkau area luas hanya dengan satu kamera.

5. Xightor Pro Video Door Phone System mampu melakukan pemantauan dan komunikasi yang mudah dan aman serta memastikan keamanan 24 jam untuk seluruh rumah maupun apartemen. Xightor Pro berfungsi sebagai “penjaga gawang” dengan menawarkan keamanan dan kemudahan pemantauan dan komunikasi dengan setiap pengunjung yang mungkin datang ke rumah saat kita bepergian.Uniknya, meskipun sistem ini berada di rumah, kita dapat memonitor dan mengontrolnya melalui gadget saat berada di luar rumah. Xightor Pro juga dapat diintegrasikan dengan CCTV maupun intrusion alarm sehingga membantu memastikan keamanan 24 jam untuk seluruh penghuni rumah.