The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Ibu Hamil & Menyusui Ikut Berpuasa, Amankah?

Ibu Hamil & Menyusui Ikut Berpuasa, Amankah?

Jakarta – Bulan Ramadhan telah kembali datang. Bagi para ibu hamil dan menyusui mungkin bertanya-tanya, amankah berpuasa di bulan Ramadhan? Karena, pada saat berpuasa, tubuh lebih banyak kehilangan cairan karena perubahan pola makan dan tidur.

Tenang saja, Ibu yang sedang hamil dan atau menyusui, dapat tetap menjalankan aktivitas berpuasa. Pada dasarnya, puasa atau pun penurunan asupan kalori tidak akan memengaruhi produksi ASI. Jika terjadi penurunan berat badan saat berpuasa, kondisi ini hanya akan memengaruhi kandungan lemak dalam ASI, bukan jumlahnya. Jika ibu menyusui merasa sanggup untuk berpuasa, baiknya asupan makanan dan cairan dalam sehari-hari harus terpenuhi.

Tips untuk Ibu yang ingin berpuasa saat menyusui :

  • Cegahlah dehidrasi

Puasa bagi ibu menyusui tidak berbahaya. Dehidrasi saat menyusui lah yang dapat berbahaya. Jika Ibu mengalami gejala dehidrasi seperti lemas, pusing dan mulut terasa kering, segeralah membatalkan puasa, dan minumlah air atau cairan yang  mengandung elektrolit.

  • Asupan yang benar saat sahur

Sahur sangat penting karena pilihan makanan yang dikonsumsi saat sahur merupakan cadangan nutrisi dan kalori selama menjalankan puasa. Pilihan makanan yang baik untuk ibu menyusui, antara lain ikan salmon, telur, ayam, alpukat, susu, kurma, kacang hijau, kacang merah, tahu, daging tanpa lemak, bayam, brokoli, wortel dan sawi. Jika ingin minum vitamin, asuplah vitamin D yang bagus untuk ibu menyusui.

  • Konsumsi banyak Potasium, Magnesium & Zinc

Selama berpuasa, kandungan potasium, magnesium dan zinc yang terkandung di dalam ASI dapat berkurang. Cara menyiasatinya adalah mengasup makanan yang mengandung ketiga zat tersebut. Selalu aware dan alert-lah terhadap kondisi tubuh. Jadi, sebelum Ibu memutuskan berpuasa sambil menyusui, dapat berkonsultasi juga ke dokter ya.

Tips untuk Ibu yang ingin berpuasa saat hamil :

  • Penuhi nutrisi 2.500 kalori per hari

Jika Ibu sedang dalam masa kehamilan dan ingin tetap berpuasa, wajib memenuhi asupan nutrisi 2.500 kalori per hari, yang terdiri dari 50 persen karbodhidrat, 30 persen protein hewani dan nabati seperti ikan, telur, daging, susu, serta 20 persen dalam bentuk lemak dan kacang-kacangan. Ibu juga sebaiknya mengasup suplemen vitamin yang terdiri dari asam folat, kalsium dan zat besi.

  • Tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Kadar gula dikhawatirkan akan naik lebih cepat jika ibu hamil mengonsumsi makanan manis terlalu banyak saat sahur. Bukannya segar saat berpuasa, malah lemas dan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Saat berbuka puasa, ibu hamil dapat memulainya dengan mengonsumsi minuman yang hangat dan manis.

  • Tetap minum 2 liter air

Untuk menghindari dehidrasi, ibu hamil sebaiknya tetap minum 2 liter (8 gelas) air per hari, dengan formasi 2-4-2. Ibu hamil dapat mengatur konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur. (Womanation/berbagai sumber)