The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Melahirkan Caesar Tidak Bisa Memberikan ASI?

Melahirkan Caesar Tidak Bisa Memberikan ASI?

Ibu mana yang tidak ingin melahirkan secara normal untuk kemudian melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) hingga memberikan ASI secara eksklusif (minimal 6 bulan pertama)?

Setiap ibu menginginkan proses persalinannya berjalan lancar secara normal. Bagaimanapun rasa sakit yang harus dialami dan laluinya, ibu akan berjuang sekuat tenaga dan jiwa untuk bisa melalui proses tersebut. Sayangnya, beberapa kondisi membuat harapan ibu jadi pudar dan harus melalui persalinan dengan cara operasi caesar.

Kondisi tersebut bisa dialami oleh sang ibu, bisa juga oleh janin yang ada di rahimnya. Sebut saja seperti adanya gangguan di jalan rahim, misal infeksi mulut rahim, yang menyebabkan sang ibu mengalami perdarahan (bleeding) hingga kematian karena perdarahan apabila persalinan dipaksakan secara normal. Bisa juga adanya kelainan letak plasenta, seperti menutupi seluruh atau sebagian jalan lahir (plasenta previa total/sebagian).

Apa yang Terjadi Setelah Operasi Caesar?

Pada dasarnya, proses persalinan operasi caesar dilalui dengan ibu berada dalam kondisi terbius secara regional (separuh tubuh, dari pinggang hingga kaki). Ibu dalam keadaan sadar saat operasi berlangsung. Ibu mengetahui saat bayi dikeluarkan dari rahimnya. Ibu pun diperlihatkan kondisi sang bayi yang sudah diangkat dari rahimnya. Sampai pada kondisi ini, sebenarnya ibu tidak mungkin melakukan IMD. Mengapa? Karena ibu masih dalam proses operasi dan terbius, walaupun sebagian tubuhnya saja yang mengalami kebas.

Memang, dalam kondisi fisik yang memungkinkan, terlebih dahulu ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk melakukan IMD dan tenaga medis akan membantu ibu melalui tahap ini. Namun sebenarnya, operasi caesar dan pengaruh obat bius memungkinkan ibu dan bayi sama-sama beristirahat setelah melalui tahapan panjang fase baru kehidupan. Tak perlu khawatir jika Anda, Womanation, harus melalui tahap ini, operasi caesar dan tidak dapat melalui IMD. Percayalah, energi Anda sangat diperlukan untuk proses berikutnya, jadi jangan merasa bersalah karenanya!

Persalinan Caesar Bisa Menyusui?

Dalam kondisi terbaiknya, ibu pasti bisa menghasilkan ASI dan menyusui dengan baik. Artinya, kondisi melahirkan normal atau operasi caesar tidak menjadi jaminan apakah ibu mampu memproduksi ASI, dan dengan baik, atau tidak. Seperti dikatakan sebelumnya, proses melahirkan melalui operasi caesar lebih memungkinkan ibu untuk tidak melakukan IMD, bukan memproduksi ASI.


Jika tidak mengalami gangguan kondisi kesehatan yang mengharuskannya mengonsumsi jenis obat tertentu, ibu bisa mencoba memberikan ASI beberapa waktu setelah proses operasi berlangsung. Biasanya setelah pengaruh dari obat bius hilang.

Bagaimana Kondisi Sang Bayi?

Womanation, dikatakan bahwa ukuran lambung bayi yang baru lahir kurang lebih adalah sebesar biji kelereng. Tahukah Anda bahwa mereka dapat bertahan tanpa makan dan minum hingga 36 jam karena masih menampung cadangan makanan yang dibawa dari rahim ibunya? Karenanya, tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa langsung memberikan ASI beberapa saat pascaoperasi caesar.

Anda juga bisa meminta pihak rumah sakit untuk tidak memberikan susu formula pada masa tersebut dengan menandatangani surat pernyataan yang disediakan. Setelahnya, untuk mendukung proses pemberian ASI, Anda bisa meminta proses rawat gabungan yang memungkinkan bayi ada di dekat Anda selama berada di rumah sakit.

Dengan demikian, sudah tentu anggapan bahwa ibu yang melahirkan melalui operasi caesar tidak dapat memberikan ASI-nya adalah kurang tepat atau tidak benar secara keseluruhan. Ya, ibu belum tentu bisa melakukan IMD. Ya, ibu belum tentu bisa memberikan ASI beberapa waktu setelah melahirkan. Ya, ibu tetap bisa memberikan ASI, bahkan eksklusif, karena dalam kondisi terbaiknya ibu telah siap secara mental setelah beristirahat dari proses melahirkan.


Editor: Andiana Moedasir