The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Ayo, Dukung Ibu Menyusui!

Ayo, Dukung Ibu Menyusui!

Berat badan bayinya berapa? Kok kelihatan kurus, ya? Enggak coba dikasih susu merek XXX? Bagus lho, bikin berat badan bayi cepat naik!”

Womanation, apa Anda pernah mendengar komentar seperti di atas? Atau, apa Anda pernah berkomentar demikian? Terbayang bagaimana sedihnya sang ibu dengan komentar orang tentang berat badan bayinya? Apa terpikir oleh Anda bahwa komentar seperti di atas dapat membuat harapan sang ibu untuk bisa memberikan ASI eksklusif pudar?

Mengapa Keluarga Kurang Mendukung?

Studi terkini yang diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia dan Anmum, mengungkapkan bahwa sistem pendukung (support systems) dari para ibu di Indonesia memiliki pengetahuan dan pemahaman yang terbatas tentang kesehatan ibu hamil dan menyusui, psikologis dan fisik (nutrisi yang dibutuhkan). Padahal, setiap ibu hamil dan menyusui memiliki harapan yang begitu besar terhadap sistem pendukung mereka, seperti suami, orangtua, atau mertua.

Seberapa Penting Dukungan untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Jelas sangat penting. Tahap pertama kehidupan anak, dari janin di rahim hingga lahir dan menyusui, sangatlah krusial. Selama kehamilan dan menyusui, para ibu mengalami perubahan dan tantangan psikologis dan fisik. Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan sosialnya. Pemberian nutrisi yang tepat, misalnya, merupakan aspek penting yang akan memengaruhi kesehatan ibu, tentu juga agar dapat merawat anak dan keluarganya.

Menurut artikel Baby Friendly Initiative yang diterbitkan oleh UNICEF, berdasarkan riset, ketika dukungan selama masa menyusui diberikan kepada ibu, durasi dan eksklusivitas pemberian ASI meningkat. Dikatakan, 1000 hari pertama merupakan pondasi penting bagi masa depan anak, oleh karena itu sangat penting untuk memberikan dukungan yang diperlukan oleh ibu dan bayi.

Kurangnya penyesuaian psikososial dan emosional selama fase penting kehidupan tersebut berpotensi menimbulkan risiko bagi kesehatan ibu dan kurangnya peluang bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Perlu diketahui, pemberian ASI eksklusif yang merupakan hak dasar dari tiap bayi yang baru dilahirkan ini diatur dalam PP ASI Ekslusif, lho.

Dukungan Seperti Apa yang Dibutuhkan Ibu Menyusui?

Tentu, ibu butuh support system mereka untuk mengetahui, memahami, dan menyadari betapa penting dan sakralnya masa hamil hingga menyusui, khususnya dalam pemberian ASI eksklusif. Beberapa hal sederhana berikut dibutuhkan oleh ibu menyusui.

  1.     Ingatkan ibu untuk hanya mengonsumsi atau bahkan bantu siapkan asupan makanan dan minuman dengan nutrisi yang berkualitas.
  2.     Maklumilah bahwa ibu tidak dapat beraktivitas senormal biasanya dikarenakan perubahan kondisi fisik yang dialaminya.
  3.     Jika ibu terlihat lebih mudah marah atau sedih, pahamilah bahwa hal tersebut pengaruh dari kondisi hormonnya.
  4.     Beri dukungan dengan kalimat yang memotivasi, buat ibu lebih bersemangat melewati masa-masa hamil hingga menyusui, hindari kalimat atau komentar yang dapat membuatnya “drop”.
  5.     Saat menjenguk ibu yang baru melahirkan, tidak ada salahnya membawakan buah tangan untuknya, selain untuk sang bayi.

Womanation, perkara support system ini memang terkesan sederhana, tapi tidak bisa diremehkan begitu saja. Terbayang bagaimana sikap kita dapat menentukan keberlangsungan sebuah generasi sehat dan baik di masa mendatang? Anda tentu sudah memilih untuk jadi support system yang seperti apa. Alangkah baiknya menyebarkan pemahaman ini kepada orang-orang di sekitar kita. Selamat menjadi support system yang baik!

 

 

Editor: Andiana Moedasir