The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Bebas Merdeka Menyusui di Mana Pun

Bebas Merdeka Menyusui di Mana Pun

Siapa bilang menyusui tidak menyenangkan? Begitu menyenangkannya, ibu-ibu kini bahkan tidak sungkan untuk menyusui bayi mereka di mana pun. Tentunya, berbekal berbagai perlengkapan yang telah dipersiapkan dengan baik dan sigap sedia dibawa ke mana pun.

Womanation, kini banyak ibu merasa dapat menyusui secara leluasa di mana pun mereka berada. Dalam rangka menyemarakkan pekan ASI, Womanation melalui Instagram dan Facebook Fanpage pada 5‒10 Agustus mengadakan kuis bertajuk Merdeka Menyusui. Berikut beberapa trik yang dapat ibu lakukan untuk bisa menyusui secara bebas berdasarkan hasil dari kuis tersebut.

Apron Menyusui

Apron jadi perlengkapan yang wajib dibawa ibu menyusui ke mana pun. Apron ini berfungsi menutup bagian dada ibu dan kepala bayi sehingga tidak mudah terlihat orang lain. Pastinya, apron aman digunakan karena tidak akan mengganggu bayi dalam bernafas. Selain untuk menyusui, apron juga biasa dibawa ibu yang bekerja untuk digunakan sebagai penutup saat memompa atau memerah (breastpumping) ASI.

Siti Nurul Purwaningsih, salah satu pemenang kuis Merdeka Menyusui, misalnya, mengenakan apron bahkan ketika harus menyusui bayinya yang sudah mengantuk saat berkendara motor. Pemenang lainnya dengan akun Instagram @bani_ich, mengatakan bahwa apron sangat membantu kala ibu terlalu sulit menemukan ruang menyusui sementara bayi sudah lapar atau mengantuk.

Ruang Menyusui

Ruang menyusui jadi tempat pilihan paling aman saat ibu tidak membawa apron. Apalagi kini ruang menyusui yang banyak tersedia di area publik dibuat sedemikian rupa dengan segala desain dan kelengkapan yang membuat ibu merasa makin nyaman saat harus menyusui di dalamnya.

Nurul Dwi Larasati, misalnya, memanfaatkan kabin menyusui yang tersedia di Stasiun Depok Baru ketika harus menyusui saat akan menggunakan fasilitas umum kereta. Walaupun terkesan seadanya karena hanya dilengkapi 1 meja dan 1 kursi dan mampu menampung hanya seorang ibu dan bayi, kabin ini sangat membantu ibu yang terpaksa menyusui bayinya di area publik tersebut.

Tip Menyusui di Area publik

Womanation, selain membawa apron atau menggunakan area ruang menyusui, berikut beberapa tip yang dapat Anda perhatikan saat harus menyusui bayi di area publik.

  1.     Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman untuk dapat menyusui dengan leluasa. Selain mengenaikan bra menyusui, pakaian yang dilengkapi kancing atau ritsleting pada bagian dada sangat membantu Anda saat harus menyusui bayi. Bahkan, kini Anda bisa menemukan model pakaian khusus menyusui yang pada bagian sampingnya dimodifikasi sedemikian rupa (tanpa harus mengenakan kancing atau ritsleting di bagian dada).
  2.     Pastikan Anda mengetahui secara pasti berapa lama akan berada di area publik sehingga bisa membawa bekal ASIP yang telah dikemas dalam botol untuk diberikan segera saat kondisi begitu urgent (bayi lapar/haus/mengantuk tetapi Anda sulit menjangkau ruang menyusui dan kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menyusui secara langsung). Perihal ASIP ini, pastikan Anda telah memahami manajemennya secara baik dan benar, ya Womanation!
  3.     Bagi Anda beragama muslim dan mengenakan hijab, menggunakan hijab yang lebih panjang tentu akan membuat kondisi menyusui jadi lebih aman saat tidak membawa apron atau sulit menjangkau ruang menyusui di area publik.

 

Semoga trik di atas dapat membantu Anda yang harus menyusui di area publik, ya Womanation. Selamat menyusui dengan merdeka!

 

 

Editor: Andiana Moedasir