The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Mengatasi Post Holiday Syndrome Pada Anak

Mengatasi Post Holiday Syndrome Pada Anak

Libur panjang berlalu. Anak pun harus kembali ke rutinitas sekolahnya. Ada yang bersemangat, ada pula yang terlihat enggan memulai kembali sekolah. Apa anak Anda termasuk yang enggan?

Womanation, seperti halnya orang dewasa yang sering merasa enggan kembali ke kantor lepas hari libur atau cuti, anak-anak pun ada yang mengalaminya. Hal ini dikenal dengan istilah post holiday syndrome. Bagaimana trik mengatasi post holiday syndrome yang dirasakan anak?

 

Jadwal Tidur, Bangun, dan Rutinitas Harian

Ada baiknya, walaupun liburan, bantu anak untuk membiasakan diri tidur dan bangun tepat pada waktunya. Selain membantu anak agar tidak kaget saat libur akan berakhir (karena terbiasa tidur larut dan bangun siang saat liburan), hal ini juga melatih anak untuk disiplin dalam hal waktu. Anda juga bisa menyiapkan jadwal rutinitas harian, walaupun dalam masa liburan, yang bisa membantu anak membagi waktu dengan baik.

 

Liburan Yes = Libur Belajar No

Walaupun liburan, ada baiknya selipkan kegiatan belajar di satu waktu, walaupun tidak sesering saat sekolah. Bisa juga kegiatan belajar anak dibuat lebih menarik dan menyenangkan. Bantu anak untuk mengisi waktu ini dengan kegiatan kreatif dan interaktif yang membuatnya merasa sedang tidak belajar. Dengan demikian, anak merasa senang belajar dan tidak akan malas saat waktu sekolah tiba (yang membuat mereka kembali dihadapkan pada belajar).

 

Semangat dengan Perlengkapan Baru

Selain orang dewasa yang senang berbelanja untuk melepas penat, anak-anak pun demikian. Dibelikan perlengkapan baru untuk bersekolah, apalagi yang sesuai dengan “kesenangannya”, seperti dengan model atau motif karakter kartun tertentu, tentu membuat anak-anak senang dan merasa tidak sabar untuk segera kembali bersekolah. Namun, pastikan Anda hanya membelikan perlengkapan dan alat sekolah baru jika sudah ada yang harus diganti, ya! Atau, mungkin Anda perlu bernegosiasi dengan anak perihal mana saja yang ingin dan boleh untuk diganti dengan yang baru.

 

Bekal Spesial Penambah Semangat

Womanation, Anda juga bisa memanfaatkan bekal spesial untuk membuat anak kembali bersemangat ke sekolah pascaliburan. Buatkan anak menu makanan kesukaan untuk ia bawa sebagai bekal ke sekolah di hari itu. Agar makin spesial, Anda bisa menyajikannya dalam tampilan yang lucu dan menggemaskan, seperti nasi bento yang dibentuk menyerupai hewan atau karakter kartun yang disukai anak. Namun pastikan, makanan tersebut bernutrisi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak.

 

Feedback

Lepas hari pertamanya kembali ke sekolah, jangan lupa tanyakan dan dengarkan perihal apa yang membuatnya merasa senang atau tidak senang, diinginkan atau tidak. Bisa jadi, anak punya cara tersendiri yang membuatnya semangat kembali ke sekolah, misalnya meminta untuk dibangunkan pagi harinya, diantar sekolah, atau dijemput sepulang sekolah. Sebagai bentuk dukungan, tidak ada salahnya menuruti keinginannya bila hal tersebut masih terbilang wajar ya, Womanation!

 

Nah, selamat ikut bersemangat melalui post holiday syndrome!

 

Editor: Andiana Moedasir