The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Jurus Jitu Mengusir Kecoa dari Rumah

Jurus Jitu Mengusir Kecoa dari Rumah

Siapa yang tidak merasa jijik dengan kecoa? Serangga yang biasa kita jumpai di area dapur ini bukan sekadar mengganggu dengan kesan jorok yang dibawanya, tapi juga dikatakan mampu membawa dan menyebarkan beberapa jenis penyakit. Ih.

Iya, kecoa senang dan cenderung hidup di dapur karena bisa dengan mudah menemukan dan memakan remah-remah atau tumpahan makanan. Ternyata, serangga ini juga memakan sampah busuk, tanaman mati, materi feses, hingga helai rambut yang jatuh.

Di sela-sela pergerakannya yang terkesan biasa saja, kecoa senang membuang kotoran di mana saja, bahkan di atas makanan terbuka yang dilaluinya. Terbayang bagaimana bahayanya bagi kita? Walaupun bukan penyebab suatu jenis penyakit, kecoa mampu membawa jutaan bakteri, termasuk bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan tifus dan keracunan makanan. Tak heran, serangga ini dikatakan sebagai vektor atau agen infeksi.

Setelah mengetahui bahwa kecoa ternyata diam-diam mengancam kesehatan Anda dan keluarga, yuk coba beberapa jurus jitu mengusir kecoa berikut. Tentu kita coba dengan cara alami sehingga aman untuk keluarga, ya.

  1.     Rajin membersihkan rumah.Terutama bagian dapur, bersihkan setiap selesai menggunakan segala peralatan di dalamnya setelah masak. Bersihkan setiap bahan atau makanan yang tercecer dan pastikan tidak ada minyak tumpah di atas kompor karena kecoa menyukai minyak. Selain itu, secara berkala sapu dan pel lantai rumah Anda untuk membersihkan setiap remah-remah yang berceceran.
     
  2.     Buang sampah pada tempatnya. Jangan biarkan ada sedikit pun sampah tercecer di sudut rumah, apalagi berupa bungkus makanan. Selain itu, gunakan tempat sampah tertutup, buang isinya secara rutin, dan jangan sampai didiamkan untuk waktu yang lama.
     
  3.     Tutup makanan.Semaksimal mungkin jangan biarkan makanan dalam kondisi terbuka tanpa penutup, apalagi untuk waktu semalaman.
     
  4.     Gunakan bahan alami.Ternyata, beberapa bahan alami yang mudah kita temukan dapat dijadikan sebagai “amunisi” untuk mengusir kecoa yang sudah terlanjur bermalam di rumah. Bahan alami dengan bebauan menyengat, seperti bunga melati, daun salam, dan merica mengusir kecoa karena serangga ini tidak menyukai bau yang ditimbulkannya. Bunga melati, misalnya, Anda bisa menggunakannya dengan cara membuat irisan kecil-kecil dan menaburkannya di tempat yang terdapat banyak kecoa.

Cara lain yang mudah untuk Anda lakukan, misalnya dengan menggunakan campuran baking soda dan gula yang diletakkan dalam mangkuk dan ditaburkan di dekat daerah yang dilalui kecoa. Atau, Anda juga bisa menggunakan kapur barus dengan meletakkannya di daerah tempat kecoa biasa berkumpul. Bau dari kapur barus tidak bisa membuat kecoa bertahan lama tinggal di rumah Anda.

Womanation, ternyata dalam tubuh kecoa hidup cacing-cacing halus. Karenanya, jangan sampai “mengusir” kecoa dengan cara yang salah, yaitu memukul atau menginjaknya hingga bagian isi tubuhnya ini keluar. Mengapa? Karena cacing-cacing halus ini masih dapat bertahan hidup dan akan mencari tempat hidup baru, bahkan ke dalam tubuh kita melalui kulit. Aduh, seram ya?

Nah, semoga tipaman di atas membantu, ya. Womanation punya trik mengusir kecoa lainnya? Share di kolom komentar, ya.

 

 

Editor: Andiana Moedasir