The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

3 Ide Bekal Anak Dari Olahan Kentang

3 Ide Bekal Anak Dari Olahan Kentang

Tak jarang, ibu pusing dihadapkan dengan masalah bekal sekolah anak. Menyiapkan nasi lengkap dengan sayur dan lauk, bisa jadi yang tersisa hanya nasi dan sayurnya.

Powerful Woman, coba sesekali ganti nasi dengan olahan kentang untuk bekal sekolah anak Anda. Tak perlu khawatir dengan kandungan gizi dari sayuran ini. selain mengandung karbohidrat, kentang kaya akan serat serta berbagai jenis vitamin dan mineral.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition menyebutkan bahwa satu buah kentang dapat menyumbang sebanyak 8% dari nilai harian serat yang dibutuhkan anak setiap harinya. Nilai ini sudah memenuhi standar acuan asupan gizi yang dibutuhkan (Dietery Reference Intake—DRI). Nah, tak perlu khawatir dengan manfaatnya bagi anak Anda, bukan?

Ide Bekal Anak dari Olahan Kentang
Kentang Panggang Isi Telur

Panggang kentang hingga matang, potong sedikit bagian atasnya, setengah isi kentang yang sudah melunak harus dikeluarkan. Tambahkan keju cheddar parut, 1,5 sdm kornet sapi, dan 1 sdm margarin. Pecahkan telur ayam pada bagian atas kentang dan taburi dengan sedikit daun bawang. Panggang kembali kentang selama 15‒20 menit agar telur matang sempurna.

Bola-bola Kentang Keju

Cuci bersih ½ kg kentang, kukus hingga matang. Selagi panas, kupas lalu haluskan dan campur dengan 2 sdm margarin. Tambahkan 3 sdm tepung terigu serta garam dan merica secukupnya, aduk hingga rata. Masukkan dalam freezer selama 1 jam.

Bentuk bulatan, isi dengan keju yang telah dipotong dadu. Gulingkan di 1 butir telur yang telah dikocok, balur dengan 100 gr tepung roti. Ulangi hingga semua adonan habis. Panaskan minyak, lalu goreng hingga berubah kuning keemasan.

Bola-bola Kentang Mi

Haluskan 6 siung bawang putih, 1 sdt merica serta gula dan garam secukupnya. Kukus 500 gr kentang, haluskan bersama bumbu halus. Rebus 1 bungkus mi kering yang sudah dipotong kecil-kecil, tiriskan. Serut 4 batang wortel dan iris halus 1 batang daun bawang.

Campurkan kentang, mi, wortel serut, bawang daun, 2 butir telur, 3 sdm tepung terigu, 2 sdm tepung tapioka, dan kaldu bubuk secukupnya, koreksi rasa. Aduk rata, buat bulat-bulat sampai adonan habis, masukkan dalam freezer selama 30 menit. Goreng dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan.

Tahukah Anda?

1. Karbohidrat pada kentang merupakan sumber energi yang baik, bahkan untuk bayi. Namun karena kandungan kalorinya tinggi, sebaik berikan kentang pada anak berusia 7‒10 bulan.
2. Kandungan gula pada kentang bersifat alkali, dapat menurunkan kadar asam dalam tubuh. Hal ini penting bagi bayi dan batita. Kentang juga bisa membantu mencegah fermentasi usus dan perkembangan bakteri baik.
3. Kentang bisa digunakan untuk melindungi kulit karena kandungan vitamin C, zat pati, dan enzim-enzim di dalamnya. Bila dibuat jus, kadar alkalinya memiliki fungsi antiseptik untuk melawan kulit yang mati.

Powerful Woman, dengan banyaknya manfaat kentang, yuk biasakan anak untuk mengonsumsinya. Seperti Theresa A. Nicklas, ahli gizi dari Baylor College of Medicine, katakan, “Kebiasaan makan sehat sejak kecil akan berpengaruh pada gaya hidup anak ketika besar nanti.”