The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Puding Sutra Cokelat Penutup Nan Lembut

Puding Sutra Cokelat Penutup Nan Lembut

Tidak semua puding rasanya manis. Suet pudding (puding lemak) adalah jenis puding berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi.

Kata puding sendiri berasal dari bahasa Perancis, boudin, berarti “sosis darah“, dan bahasa Latin, botellus, berarti “sosis kecil”. Istilah ini digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Sementara di Inggris, istilah puding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Di Indonesia, puding dikenal sebagai hidangan penutup yang umumnya terbuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Umumnya, puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah terlebih dahulu didinginkan. Soal rasa, manis menjadi dominan dengan perisa cokelat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Terdapat pula jenis puding tradisional dengan bahan kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan.

Untuk mencoba varian puding dengan bahan yang sangat sederhana dan mudah didapat serta cara pembuatan yang praktis, berikut resepnya: Puding Sutra Cokelat
.
Bahan Puding Sutra Cokelat

1 bungkus jeli instan Nutrijell

1 liter susu cair cokelat

1 sdm penuh maizena

1 sdm penuh cokelat bubuk, boleh ditambahkan sesuai selera

Gula pasir sesuai selera (kira-kira 6‒7 sdm)

Kelapa parut atau bubuk kayu manis sebagai hiasan

Cara Membuat Puding Sutra Cokelat

  1.     Larutkan maizena dan cokelat bubuk dengan sedikit susu cokelat, aduk rata hingga larut dan tidak menggumpal. Panaskan dengan api sedang. Tambahkan sisa susu cokelat, Nutrijell, dan gula pasir, aduk terus. Setelah agak panas, kecilkan api, aduk terus hingga sedikit mengental, angkat. Jangan sampai mendidih agar tidak terlalu kental.
  2.     Tuang dalam wadah sesuai selera.
  3.     Taburkan kelapa parut atau bubuk kayu manis di atas permukaan puding
  4.     Sajikan dingin.

 

Sekarang, puding sutra cokelat Anda siap disajikan kepada keluarga dan teman di acara istimewa. Selamat mencoba!

Image via www.101cookbooks.com

 

Editor: Andiana Moedasir