The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Konflik Dengan Pasangan? Perbaiki Komunikasi!

Konflik Dengan Pasangan? Perbaiki Komunikasi!

Kata orang, hubungan tanpa konflik seperti sayur tanpa garam: Hambar rasanya.

Namun, kalau hubungan terus-menerus berkonflik, rasanya kok seperti sayur dengan rasa yang sangat asin, ya, bukan sekadar keasinan. Memang ada yang mau memakannya?

Konflik, dalam perspektif yang normal, dianggap sebagai hal yang wajar dan tidak dapat dihindari dalam kehidupan kita. Jangankan dalam sebuah hubungan bermasyarakat di mana orang begitu beragam latar belakang, karakter, dan prinsip. Dalam sebuah “ikatan” yang hanya terdiri dari dua orang saja, konflik rentan terjadi. Demikian halnya dalam hubungan berpacaran maupun pernikahan.

    Perilaku menghindari konflik-lah yang dapat mengakhiri sebuah hubungan.

Satu hal yang perlu diperhatikan, mengalami konflik bukanlah hal yang dapat membuat sebuah hubungan berakhir. Justru, perilaku menghindari konflik-lah yang dapat mengakhiri sebuah hubungan. Konflik merupakan suatu hal yang konstruktif, apabila pasangan tahu cara menyelesaikannya dengan tepat dan dapat merefleksikannya kembali untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan hubungan. Berbeda jika dihindari tanpa adanya penyelesaian yang tepat, konflik akan menjadi konflik yang destruktif, memperkeruh, dan melemahkan hubungan pasangan.

Komunikasi Tidak Efektif = Konflik Dengan Pasangan

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan konflik? Bagaimana konflik dapat terjadi? Nah, salah satu penyebab konflik dengan pasangan ternyata adalah adanya komunikasi yang tidak efektif di antara pasangan.

WeCan, lembaga konsultan Psikologi yang berfokus pada aspek pengembangan diri bagi dewasa muda, mengadakan workshop yang berjudul Enriching Relationship Satisfaction: Through Conflict Resolution pada Sabtu, 13 Mei 2017. Bertempat di Kenobi Space, Kemang, workshop ini membahas tentang resolusi konflik dalam hubungan, baik pacaran maupun pernikahan. WeCan bekerja sama dengan Pingkan Rumondor, S.Psi., M.Psi., mengedukasi pasangan muda untuk mengenali kepribadian masing-masing pasangan guna mengetahui strategi yang tepat dalam menyelesaikan konflik.

Melalui workshop ini, WeCan memfasilitasi para pasangan untuk bersama-sama mengetahui kepribadian dengan menggunakan alat tes psikologi modern yang diadaptasi dari Inggris. Dengan ini, pasangan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap kategori kepribadian. Mereka juga belajar cara berkomunikasi yang efektif dan asertif, di mana komunikasi merupakan kunci untuk menyelesaikan konflik.

Workshop ini juga membahas strategi untuk menyelesaikan konflik dengan pasangan berdasarkan tipe-tipe kepribadian disertai contoh dan langkah-langkah sederhana yang erat dalam kehidupan sehari-hari. Peserta juga berkesempatan merefleksikan dan mempraktikkan langsung strategi yang telah disampaikan dengan didampingi oleh Pingkan Rumondor, S.Psi., M.Psi.

So, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi secara efektif ya, Womanation!

 

 

Editor: Andiana Moedasir