The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Mengetahui Strategi Menyelesaikan Konflik dengan Pasangan

Mengetahui Strategi Menyelesaikan Konflik dengan Pasangan

Jakarta – Konflik merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari di dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di dalam hubungan berpacaran dan pernikahan.

Di Indonesia, membicarakan mengenai konflik pada beberapa budaya masih seringkali dianggap sebagai hal yang tabu. Masih banyak juga pasangan yang menganggap bahwa berakhirnya suatu hubungan ditandai dengan kemunculan konflik. Mengalami konflik di dalam hubungan bukanlah hal yang dapat membuat berakhirnya hubungan tersebut, tetapi perilaku menghindari konflik lah yang dapat mengakhiri sebuah hubungan.

Konflik itu sendiri merupakan suatu hal yang konstruktif apabila pasangan tahu bagaimana cara menyelesaikan konflik tersebut dengan cara yang tepat, dan dapat merefleksikan kembali konflik tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan hubungan. Lain halnya jika konflik tersebut dihindari tanpa adanya penyelesaian dengan cara yang tepat, dimana konflik tersebut akan menjadi konflik yang destruktif – yang dapat memperkeruh dan melemahkan hubungan pasangan.

Pada hari Sabtu (13/05) WeCan sebagai lembaga konsultan Psikologi yang berfokus pada aspek pengembangan diri bagi dewasa muda mengadakan workshop yang berjudul Enriching Relationship Satisfaction: Through Conflict Resolution. Workshop ini membahas mengenai resolusi konflik di dalam hubungan, baik hubungan pacaran maupun hubungan pernikahan. Bertempat di Kenobi Space, Kemang,  WeCan bekerjasama dengan Pingkan Rumondor, S.Psi., M.Psi mengedukasi pasangan muda untuk mengenali kepribadian masing-masing pasangan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam menyelesaikan konflik.

Konflik itu sendiri salah satunya dapat disebabkan oleh adanya komunikasi yang tidak efektif di antara pasangan. Melalui workshop ini, WeCan memfasilitasi para pasangan untuk bersama-sama mengetahui kepribadian dengan menggunakan alat tes psikologi modern yang diadaptasi dari Inggris, dimana setelah itu pasangan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap kategori kepribadian. Para pasangan juga belajar bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dan asertif, dimana komunikasi merupakan kunci untuk menyelesaikan konflik.

Selain itu, workshop ini juga membahas mengenai strategi untuk menyelesaikan konflik berdasarkan tipe-tipe kepribadian dengan disertai contoh dan langkah-langkah sederhana yang erat dalam kehidupan sehari-hari. Para pasangan juga berkesempatan untuk merefleksikan dan mempraktekan langsung strategi yang telah disampaikan dengan didampingi oleh Pingkan Rumondor, S.Psi., M.Psi.