The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Tip Bisnis ala Githa Nafeeza

Tip Bisnis ala Githa Nafeeza

Zaman ini seperti zaman usaha. Banyak orang berlomba-lomba untuk membuka usaha, tidak terkecuali wanita. Ah, wanita sungguh-sungguh multitasking ya!

Masih belum move on dari event “Women Sharing & Charity” Rabu (14/6/17) lalu, ada hal menarik yang disampaikan oleh salah satu pembicara, Githa Nafeeza, nih Womanation. Oh ya, Githa Nafeeza adalah pemilik Resto Shabu Hachi yang sempat viral di sosial media karena menampilkan Maid Menu.

Sebenarnya, maksud Beliau adalah memberikan menu dengan harga khusus kepada asisten rumah tangga atau baby sitter yang kerap tidak mendapat “bagian” saat “sang tuan” makan di restoran. Namun akhirnya, khawatir menimbulkan polemik dari kesan yang ditangkap masyarakat, Githa Nafeeza menghapus menu tersebut dan menggantinya dengan makan gratis bagi asisten rumah tangga/baby sitter.


Kali ini, kita tidak akan membahas tentang bisnis Githa Nafeeza tersebut. Lebih dari itu, kita akan membahas tentang tip bisnis yang disampaikannya pada event “Women Sharing & Charity”, berlaku bagi semua wanita yang akan merintis usahanya. Yuk!


Pentingnya Survei

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha, penting untuk melakukan sebuah survei. Lama dan jenis survei bergantung pada usaha yang akan dirintis. Githa Nafeeza, misalnya, melakukan survei selama 3 bulan nonstop, pagi, siang, maupun malam, dengan mengunjungi setiap restoran yang ada di wilayah Kemang, Jakarta Selatan. Ini untuk mengetahui potensi pelanggan, jenis dan rasa makanan, karakter restoran, harga, dan segala hal yang dapat mendukung strategi usaha ke depannya.


Rintis dengan Dana Pribadi

Modal tentu diperlukan, besarannya bergantung pada jenis usaha yang akan dirintis. Menurut Githa Nafeeza, pastikan hanya menggunakan modal dari dana pribadi. Jika belum cukup, ada baiknya kumpulkan dana terlebih dahulu. Pastikan, dana pribadi tidak seluruhnya digunakan untuk modal. Atur dana sehingga tersimpan seberapa bagian untuk modal dan seberapa bagian untuk operasional rumah tangga selama kurun 6 bulan. Sementara, untuk profit, buat margin minimal 30%. Namun jika usaha yang Anda rintis adalah di bidang teknologi, pastikan margin profit lebih besar dari itu.

The Power of Customer Care

Menurut Githa Nafeeza, kunci keberhasilan sebuah usaha bukan hanya pada customer service, tapi juga customer care yang excellent. Customer service cenderung pasif, setelah ada masalah baru ditangani, sedangkan customer care lebih proaktif. Githa Nafeeza sendiri lebih senang melakukan pendekatan pribadi kepada para pelanggan. Baginya, kunci pemasarannya adalah full fill what customer needs and wants. Dengan demikian, branding usaha lebih dikuatkan dengan customer care excellent, di mana pelanggan melakukan promosi dalam bentuk testimoni.


Nah, Womanation, mudah diaplikasikan bukan bagi Anda yang ingin merintis usaha?


Editor: Andiana Moedasir