The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Emilia Elfiranti Achmadi: Terapkan Gaya Hidup Sehat Secara Cerdas

Emilia Elfiranti Achmadi: Terapkan Gaya Hidup Sehat Secara Cerdas

Banyak orang mengartikan pola hidup sehat dengan menjalani diet atau olah raga tertentu. Padahal untuk bisa hidup lebih sehat bisa jadi tidak harus menerapkan pola yang demikian.

Segala kenangan bahagia masa kecil Emilia Elfiranti Achmadi selalu dikaitkan dengan gaya “makan enak”. Setiap acara penting tak luput dari jamuan hidangan lezat. Beberapa waktu kemudian, saat SMA, ia mulai memperhatikan bahwa makanan dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes, serangan jantung, darah tinggi, hingga kanker. Rasa ingin tahu pun muncul hingga ia berkeinginan untuk mendalami ilmu gizi.

Emilia mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan pola makan seimbang saat kuliah di Amerika Serikat pada akhir 80-an. Ia terus menerapkannya hingga kini, membiasakan keluarga untuk makan baik dan membentuk kebiasaan sejak dini.

Bagi Emilia, gaya hidup sehat merupakan prinsip utamanya. Ia tidak pernah mengeliminasi grup makanan, tahu apa yang perlu dimakan lebih banyak dan lebih sering serta apa yang perlu dimakan lebih sedikit dan lebih jarang, tidak pernah menahan lapar dan tidak pernah makan sampai kenyang, tidak pernah skip makan, dan tidak pernah ambil jalan pintas dalam mengolah makanan.

Emilia pun tidak pernah memilih kualitas “second best” untuk tubuh, jarang makan gorengan dan selalu membatasi mengonsumsi sambal, salad dressing, dan mayo kemasan botol, dan apabila perlu makan sedikit ekstra pada saat istimewa seperti ulang tahun, kawinan, sosialisasi dengan teman, ia selalu berani untuk membayar “utang” dengan makan ekstra baik dan aktif setelahnya.

Menurut Emilia, menerapkan gaya hidup sehat bukan seperti diet yang sekadar memperhatikan berat badan tanpa konsiderasi kesehatan sehingga memilih jalan pintas dan salah kaprah perihal minum susu, raw diet, hingga pola makan tanpa karbo. Karenanya, ia sangat khawatir dengan menyebarluasnya saran-saran berkedok hidup sehat dan pelencengan ilmu pengetahuan dengan caranya sendiri-sendiri.

    “Let your food be your medicine”

Womanation, peran wanita, dalam hal ini ibu, sangat penting dalam keluarga demi terlaksananya gaya hidup sehat secara keseluruhan. Apa yang dimakan oleh keluarga, terutama anak, bergantung pada pilihan ibu. Karenanya, ibu dengan pengetahuan baik mengenai gaya hidup sehat akan memberikan yang terbaik untuk keluarganya hingga anak dapat tumbuh dewasa dengan modal pertumbuhan dan perkembangan intelektualitas tinggi. Bagaimanapun, mereka adalah penyandang masa depan bangsa.

Sebagai Clinical Dietitian & Sport Nutritionist, Emilia kerap menghadapi kendala dalam memberikan edukasi perihal gaya hidup sehat yang ia pelajari, pahami, dan terapkan kepada khalayak. Ia menghadapi kendala untuk bisa secara konsisten memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat serta edukasi dan teknik hidup sehat yang mudah diimplementasikan.

Bukan hanya itu, ia kesulitan mengajak produsen makanan untuk menghasilkan produk berkualitas dan tidak melulu memikirkan keuntungan finansial semata serta menyebarluaskan informasi yang benar berdasarkan fakta dan temuan ilmiah melalui media.

Terinspirasi oleh seorang Profesor di Amerika Serikat yang mengajar tentang sport nutrition dan clinical nutrition serta sudah berusia sekitar 60 tahun tetapi masih sanggup maraton, mendaki gunung, dan sepeda cross country, Emilia menerapkan gaya hidup sehat secara cerdas yang dapat dengan mudah Anda ikuti sebagai berikut.

  1.     Jadikan buah dan sayuran segar setengah dari makanan yang Anda makan, pilih minimal 3 warna setiap hari.
  2.     Sebisa mungkin pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kurangi konsumsi gula putih tambahan.
  3.     Jangan minum minuman yang manis.
  4.     Makan ikan.
  5.     Makan daging merah dan telur serta minum susu dengan porsi dan frekuensi yang diatur secara baik.
  6.     Jangan sediakan garam, kecap, dan sambal botol di meja makan.
  7.     Jangan minum menunggu haus.
  8.     Sempurnakan pola makan sehat dengan olahraga rutin dan istirahat cukup.
  9.     Biasakan untuk selalu makan pagi.

Womanation, bagaimanapun, tidak ada orang yang ingin sakit. Lebih baik mencegahnya dengan gaya hidup sehat yang cerdas. Seperti quote yang senantiasa menginspirasi Emilia, “Let your food be your medicine”.

 

 

Editor: Andiana Moedasir