Ingin Jadi Make Up Artist Andal dan Laris, Ikuti 3 Tips Jitu Berikut

Facebook
Instagram
MainBanner_Small4

Memiliki hobi merias wajah bisa menjadi profesi menjanjikan sebagai make up artist (MUA). Apalagi jika Anda senang mengikuti tren make up terbaru dan menggemari segala hal berbau kecantikan.

Terlebih saat ini, konten sosial media dan juga video banyak dibanjiri dengan tutorial make up yang digandrungi berbagai usia.

Namun, sekadar memiliki kemampuan merias wajah yang bagus saja tak cukup. Ada banyak syarat lain agar Anda bisa menjadi MUA andal yang laris meski banyak persaingan di bidang ini.

“Menjadi seorang MUA itu bukan hanya harus jago make up dan tahu tren terbaru, tapi yang terpenting itu attitude. Harus menjaga sikap santun, tidak sombong, dan tidak mudah berpuas diri,” kata Philipe Kurnia, salah satu MUA yang menjadi juri dalam ajang pencarian bakat Make Over MUA Hunt tahun ini.

Yup, pernyataan Philipe tentu benar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips sukses yang bisa dilakukan oleh seorang MUA.

1. Mengasah Skill

Selain harus tahu tren terkini dunia kecantikan, tentunya seorang MUA harus mau belajar dan tak cepat puas dengan keberhasilan yang ia raih. Karena tren terus berkembang dan jika malas memperkaya diri dengan ilmu baru tentu akan cepat tergantikan dengan MUA lainnya.

2. Jadi Diri Sendiri

Percaya diri menjadi kunci kesuksesan untuk menjalani profesi MUA. Selanjutnya, jam terbang dan pengalaman akan membawa kita menemukan passion di make up tertentu yang bisa menjadi ciri khas.

Misalnya, setelah beberapa lama menjalani profesi MUA, akhirnya Anda dikenal sangat piawai merias pengantin dengan tampilan flawless namun tetap mempesona.

3. Jaga Sikap

Tak mau, kan, karier yang dibangun dari nol hancur sekejap karena salah ucap atau tingkah laku yang menyebalkan bagi pihak lain?

Nah, ini adalah syarat terpenting yang harus dijaga karena seorang MUA harus pintar beradaptasi dengan banyak orang. Bukan cuma saat bekerjasama dalam tim, ya, tapi juga saat berhadapan dengan klien. Komunikasi yang baik akan membuat MUA mampu mewujudkan tampilan make up yang diharapkan.

Selain itu, seorang MUA yang sukses juga terlihat dari kepiawaiannya bekerjasama dengan banyak pihak. Terlebih jika terlibat dalam project besar seperti event fashion. Tentu harus mengesampingkan ego agar acara berlangsung lancar.

Nah, dengan tujuan terus menemukan talenta baru sebagai make up artist (MUA) profesional, Make Over kembali menggelar ajang pencarian bakat Make Over MUA Hunt yang kedua kalinya.

“Ajang ini menjadi wadah untuk para make up artist di Indonesia yang ingin punya pengalaman lebih banyak. Menjadi MUA tidak terbatas hanya untuk make up bridal, tapi juga make up fashion. Dengan pengalaman berharga di ajang ini, talenta make up fashion bisa membawa para pemenang ke kancah internasional,” ujar Stephanie Lie selaku Brand Manager Make Over.

Lebih lanjut dari penjelasan tersebut, jika make up untuk bridal atau pengantin di tiap negara tentu punya karakteristik masing-masing. Namun, khusus make up fashion, kesempatan untuk berkarier secara global sangat terbuka lebar.

Selain belum banyak MUA yang bermain di bidang ini, tentu saja karena peluang di industri mode memang sangat prospektif. 

Untuk Make Over MUA Hunt tahun ini para juri yang terdiri dari Dhirman Putra, Philipe Karunia dan Marlene Hariman telah menyeleksi sekitar 1.000 MUA dan kemudian terpilihlah 8 terbaik untukmenciptakan tampilan sepanjang Jakarta Fashion Week 2019.

Mereka adalah Bernadeth Natasha, Indah Aii, Indah Shafira, Intan Sakina, Lorita Young, Mareta Haditya, Rahma Talitha, dan William Ramadhanis.

Penilaiannya sendiri adalah mereka harus mampu mengikuti instruksi tampilan yang diminta terutama dari para desainer, kemudian memiliki tingkat profesionalitas dan kecepatan yang tinggi serta cepat untuk menyerap ilmu yang diberikan.

Sedangkan look yang ditampilkan bertema Beauty Beyond Rules yang fokus pada tiga daerah yaitu wajah, bibir, dan mata.

“Mereka yang terpilih berhasil menaklukan jenis make up dengan kelebihan dan kekurangan yang ada di wajah tanpa menghilangkan karakter aslinya. Kami berharap dari pengalaman ini para pemenang menjadi inspirasi bagi beauty enthusiast di Indonesia.”

(ARH) 

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/ingin-jadi-make-artist-andal-dan-laris-ikuti-3-tips-jitu-berikut/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial