Inilah Penyebab Wanita Lebih Rentan Terhadap Stres

Facebook
Instagram
streess woman (2).jpeg

streess woman (2).jpeg

Womanation – Wanita lebih rentang terkena stres karena ia memproduksi lebih banyak hormon stres dibandingkan pria. Selain itu, adanya hormon progesteron dimilikinya akan menghambat sistem hormon stres untuk menonaktifkan diri, hal ini tidak terjadi pada pria. Namun juga banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita rentan mengalami depresi, berikut penyebabnya.

1. Perubahan Hormon

Wanita memproduksi hormon stres lebih banyak dari pria. Oleh karena itu, wanita lebih banyak mengalami perubahan hormon yaitu saat menstruasi, hamil dan menopause. Saat menstruasi hormon wanita akan naik dan turun sehingga ini menjadi penyebab stres karena ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan perubahan suasana hati yang kadang berubah-ubah. Gejala ini disebut Premenstrual Syndrome (PMS). Selain itu, naik turunnya hormon juga terjadi saat setelah melahirkan. Banyak wanita mengalami sindrom baby blues, namun juga banyak yang mengalami stres yang cukup berat. Kondisi ini dinamakan postpartum depression.

2. Peran Ganda

Di zaman sekarang ini banyak sekali wanita yang tetap bekerja sekaligus menjadi Ibu bagi anak-anaknya dan istri bagi suaminya. Oleh krena itu,wanita banyak mengalami stres di tempat kerja dan di rumah karena sulitnya membagi peran ketika harus bekerja atau mengurus keluarga. Ini merupakan pemicu timbulnya stres karena kedua tanggung jawab yang sama-sama besar. Akibat kedua peran tersebut, wanita jarang memiliki waktu untuk diri sendiri sehingga stres yang dialami menjadi lebih buruk.

3. Peristiwa Berharga dalam Hidup

Salah satu peristiwa dalam hidup yang paling menyedihkan yaitu ketika orang yang disayang harus meninggalkan kita terlebih dahulu. Inilah salah satu contoh peristiwa yang bisa menimbulkan stres teramat dalam pada wanita karena biasanya wanita lebih panjang umur daripada pria. Selain itu, contoh lainnya adalah pernikahan, karena biasanya wanita merasakan tekanan yang hebat ketika ingin mempersiapkan pernikahan atau ketika memiliki anak.

4. Body Image

Saat masa remaja, umumnya wanita sudah merasa sadar akan bentuk dan tampilan tubuhnya. Sehingga bila ada yang tidak beres dengan bentuk dan tampilan tubuhnya maka saat itu juga wanita akan sangat terganggu. Sehingga ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh merupakan isu yang mudah membuat wanita depresi sejak remaja.

5. Kegiatan Sehari-hari yang Tidak Bisa Dihindari

Ketika masih di rumah anak sedang demam tinggi namun tidak bisa mengurus karena harus bekerja. Setelah itu, ketika di jalan harus mengahadapi macet yang cukup panjang dan sesampainya di kantor ada tagihan-tagihan rumah tangga yang harus dibayar. Kejadian-kejadian ini yang tidak bisa dihindari oleh wanita yang akhirnya bisa menimbulkan stres berkepanjangan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial