Inilah Para Wanita Paling Dermawan di Dunia

Facebook
Instagram
Liliane Bettencourt.jpg

Biasanya para wanita yang sudah identik dengan predikat miliader mempunyai gaya hidup yang glamor. Mereka bisa melakukan hal apa saja yang mereka inginkan dan membeli barang yang mereka suka kapan pun dengan harta yang mereka miliki.

Namun ternyata tidak semua miliader wanita mempunyai gaya hidup yang glamor. Diantara mereka bahkan tidak segan-segan memberikan sebagaian hartanya untuk kebaikan sesame. Hal ini pun didukung oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal Nature Human Behaviour. Dalam jurnal tersebut diiungkapkan bahwa ternyata perempuan sebenarnya lebih pemurah dibanding laki-laki. Itu karena ada bagian otak perempuan yang menunjukkan respon yang bagus saat mereka berbagi uang dengan orang lain. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa perempuan lebih altruistis (sifat mendahulukan kepentingan orang lain) daripada laki-laki.

Berikut adalah rangkuman para miliader wanita yang tak segan-segan memberikan sebagian hartanya untuk perbaikan segala sektor di dunia ini:

Priscilla.jpg

Priscilla Chan

adalah seorang dokter anak yang juga istri dari Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Pada 2013, bersama suaminya, Priscliia menyumbangkan 18 juta saham Facebook bernilai lebih dari $970 juta kepada Yayasan Masyarakat Lembah Silicon. Sedangkan, pada tahun 2015 ia dan suaminya berjanji untuk menyumbangkan lebih dari $1,6 miliar untuk amal termasuk sumbangan sebesar $75 juta untuk Rumah Sakit Umum San Francisco, tempat Chan Priscliia bekerja. Selain itu, setelah anak mereka baru lahir, mereka  kembali berjanji untuk menyumbangkan 99% saham Facebook yang bernilai $45 miliar kepada Chan Zuckerberg Initiative, yaitu lembaga amal yang mereka mereka dirikan guna berkontribusi untuk dunia kesehatan dan pendidikan. Tidak berhenti sampai situ, mereka juga kembali menjanjikan untuk mendonasika $120 juta untuk sekolah-sekolah negeri di wilayah Teluk San Francisco. The Chronicle of Philanthropy menempatkan pasangan ini pada tempat pertama pada daftar 50 filantropis Amerika yang paling dermawan. Priscilla Chan dianggap mempunyai pengaruh yang kuat untuk filantropi atas suaminya.

Melinda Gates_.jpg

Melinda Gates

adalah istri dari pendiri Microsoft, Bill Gates. Ia merupakan pendiri dan ketua pendamping Bill & Melinda Foundation, sebuah lembaga yang berfokus untuk menjadikan wanita di negara berkembang menjadi lebih aktif dan produktif. Lembaga ini pernah menyumbangkan dana US$3,4 miliar untuk kegiatan kemanusiaan. Bill & Melinda Foundation didirikan pada tahun 1998. Sehingga sumbangan dana yang telah diberikan oleh yayasan ini berjumlah lebih dari US$26 miliar.

Laurene Powell_.jpg

Laurene Powell Jobs

Istri dari mendiang Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple merupakan salah satu wanita yang memiliki kekayaan dengan nilai yang tinggi. Selain istri dari pengusaha yang kaya raya, ternyata ia juga bekerja di bursa saham Wall Street di bawah bendera Merill Lynch sehingga ia memiliki jalan karir yang sukses. Terbukti pada tahun 1997 ia mendirikan College Track, yaitu lembaga yang memiliki program kemanusiaan yang berfokus di bidang edukasi. College Track membantu para murid yang kurang  mampu agar dapat menempuh pendidikan hingga ke jenjang universitas. Setelah Steve Jobs  wafat, ia mendonasikan asset kekayaannya berupa 5,5 juta saham Apple dan 7,3 persen bagian saham The Walt Disney Co.

Liliane Bettencourt.jpg

Liliane Bettencourt

Liliane Bettencourt adalah salah satu wanita yang mampu menduduki peringkat pertama wanita terkaya di Eropa. Ia merupakan ahli waris dari perusahaan L’Oreal Group, produk kosmetik terbesar di dunia. Ia bersama sumai mendirikan Bettencourt Schueller Foundation yaitu yayasan yang berfokus pada bidang kebudayaan, kemanusiaan dan kesehatan. Yayasan ini telah menyumbang lima puluh lima persen pendapatannya untuk membiayai riset di bidang sains dan teknologi. Tiga puluh tiga persen untuk proyek di bidang sosial dan kemanusiaan, sementara dua belas persen sisanya untuk donasi di bidang budaya dan seni.

Jacqueline Mars_.jpg

Jacqueline Mars

Jacqueline Mars  Bersama dengan dua saudaranya mendirikan Mars Foundation. Ia adalah putri dari pendiri perusahaan coklat terbesar di Amerika Serikat, Mars Inc. Jacqueline mendonasikan sebagian besar asset yang dimiliki di Mars Foundation yang telah memberikan donasi dan bantuan untuk kemajuan masyarakat di bidang pendidikan, lingkungan, budaya serta permasalahan kesehatan.

Alice Walton_.jpg

Alice Walton

Alice Walton adalah putri dari Sam Walton, ayahnya merupakan pendiri rangkai toko Walmart. Ia mewarisi kekayaan ketika sang ayah meninggal dunia. Alice sudah mendonasikan sahamnya di Walmart senilai US$ 3,7 juta untuk kegiatan non-profit di bawah yayasan Walton Family Foundation. Ia juga ikut serta dalam donasi US$ 325 juta yang berfokus dalam tiga sektor yaitu pendidikan, lingkungan serta kesejahteraan masyarakat. 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial