Inilah 12 Provinsi 'Tersehat' di Indonesia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kementerian Kesehatan setiap dua tahun memberikan penghargaan kepada kota-kota di Indonesia yang termasuk kategori sehat. Penghargaan itu diberi nama Swasti Saba yang terdiri dari tingkatan,yaitu Swasti Saba Padapa (Perunggu), Swasti Saba Wiwerda (perak), dan Swasti Saba Wistara (emas).

Penilaian itu ternyata tidak sembarangan. Selain dilihat dari Index Pembangunan Kesehatan Masyarakat, Kemenkes juga memiliki penilaian terkait sembilan tatanan yang ada di wilayah tersebut. Di antaranya tatanan permukiman, masyarakat sehat mandiri, ketahanan pangan, kehidupan sosial, tertib lalu lintas dan transportasi, serta kawasan industri dan perkantoran yang sehat, serta pariwisata.

Kota tersehat berarti memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi, selain itu juga memiliki program jaminan kesehatan gratis serta mencanangkan keseimbangan antara hidup dan pekerjaan. Kota yang sehat juga dinilai dari adanya taman untuk berbagai jenis aktivitas, memiliki sistem transportasi umum terbaik dan pembuangan emisi rendah. Dan yang terpenting, kota sehat adalah yang memiliki udara sangat bersih.

Sayangnya tahun pemberian penghargaan ini belum ditentukan karena masih dalam tahap verifikasi dan penilaian. Dalam laporan Profil Kesehatan Indonesia yang dirilis oleh Kemenkes tahun 2016 lalu, setidaknya ada 350 dari 514 kabupaten/kota yang diklaim telah menyelenggarakan program Tatanan Kawasan Sehat.  Angka ini dianggap masih kurang dari target pemerintah yang menyasar 356 kota/kabupaten.

Menurut definisi 'sehat' yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI tersebut, hanya 12 provinsi berikut yang sudah mencapai Tatanan Kawasan Sehat sampai 100 persen di 2016 lalu. Provinsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gorontalo
2. Sulawesi Selatan
3. Nusa Tenggara Barat
4. Bali
5. Jawa Timur
6. DI Yogyakarta
7. Jawa Tengah
8. Jawa Barat
9. DKI Jakarta
10. Bangka Belitung
11. Jambi
12. Sumatera Barat

Apakah kamu tinggal di salah satu daerah tersebut? :D

Search