Makanan Sehat Favorit Presiden Indonesia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Makanan bisa membantu seseorang mencapai cita-citanya. Dengan makanan bergizi, seharusnya kecerdasan lebih baik, berpikir bisa lebih baik dan stamina terjaga sampai cita-cita tercapai. Selebriti sampai presiden juga butuh asupan makanan bergizi. Yang menarik, pasti banyak pertanyaan, ‘Kok bisa ya jadi Presiden? Dulu makannya apa ya?’. Nah, jawaban ini bisa kita ketahui dirangkum dalam berbagai sumber.

Mau tahu apa makanan yang disukai presiden-presiden di Indonesia? Yuk ah baca ulasannya di bawah ini!

1. Soekarno

Presiden pertama di Indonesia ini menjadi pembebas bangsa dari penjajahan. Sikapnya yang tegas dan berwibawa membuat semua orang hormat dan mengagumi. Dari penuturan mantan Komandan Detasemen Kawal Pribadi Presiden Soekarno, menuangkan pengalamannya dalam buku Kesaksian tentang Bung Karno 1945 - 1967, H. Mangil Martowidjojo, terkuak jika Presiden Soekarno tidak neko-neko dalam memilih makanan. 

Bung Karno lebih menyukai makanan sederhana khas desa, seperti sayur lodeh, sayur asem, ikan asin dan sambal terasi. Daripada nasi putih, presiden Soekarno justru lebih menyukai nasi jagung. Menurutnya jagung lebih melambangkan kekuatan dalam dunia tani. 

Nasi jagung ternyata juga memiliki kandungan gizi yang cukup berlimpah seperti contohnya vitamin E, vitamin A, vitamin B12, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, folat, natrium, zink dan juga fosfor. Nasi jagung bisa menjadi alternatif pengganti nasi putih untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan serat khususnya pada jagungnya lebih tinggi, sehingga baik untuk diabetisi atau yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Di samping itu, menu lain kesukaan Presiden pertama kita tersebut rata-rata kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, dan mineral. Zat-zat ini penting untuk pengaturan metabolisme tubuh.

2. Soeharto

Presiden kedua di Indonesia ini selama lebih dari 32 tahun memimpin bangsa. Dalam penuturan pengawal pribadi Presiden Soeharto, Letnan Kolonel (Purnawirawan) TNI I Gusti Nyoman Suwede, atasannya itu diakui hanya suka masakan rumah yang berkuah. Yang paling disukainya adalah sayur opor isi tahu tempe.

Keduanya tinggi protein nabati. Untuk kalorinya,  dengan tempe memiliki 160 kalori dan tahu sekitar 96 kalori per 100 gram porsinya. Kandungan bisa dibilang tempe lebih baik dengan 15,4 gram protein dan 3,5 gram serat dan lebih kaya vitamin B12 daripada tahu dengan 10 gram protein dan 0,5 gram serat. Nah, kuah santannya sendiri memang mengandung beberapa zat gizi seperti vitamin A dan kalsium, akan tetapi kandungan lemaknya cukup tinggi sehingga perlu berpikir dua kali jika ingin sering-sering mengonsumsinya. 

Lemak pada santan kelapa bisa menjadi sangat berbahaya jika dipanaskan pada suhu lebih dari 150 derajat Celcius. Dalam pembuatan opor biasanya suhu minimal yang digunakan di atas 400 derajat Celcius. Jadi, jika Anda juga pecinta sayur opor, cari teknik memasak lain yang tidak memanaskan santan berlebihan, membatasi jumlah santan dalam masakan opor Anda, atau batasi konsumsinya sebulan hanya 2-3 kali.

3. BJ Habibie

Sosok BJ Habibie semakin melekat di hati masyarakat Indonesia setelah kisah hidupnya diangkat dalam film layar lebar. Ternyata, Presiden saat era reformasi ini mempunyai resep untuk tetap bugar. Dari usia muda sejak di Jerman sampai sekarang, beliau rutin melakukan olahraga renang. Karena menurutnya, selama berenang tubuhnya mendapat oksigen yang cukup dan peredaran darahnya lancar. 

Rahasia lainnya adalah menjaga pola makan dan banyak minum air putih. Dalam sebuah video instagram presenter Rosi Silalahi, terungkap bahwa BJ Habibie cukup menikmati sajian kacang rebus yang teryata menjadi makanan kesukanannya. Berbagai penelitian telah mengidentifikasi manfaat kacang tanah sebagai penurun kolesterol. Karena meski mengandung lemak, namun tergolong lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Makan sejumlah kecil kacang tanah sekitar 1 atau 2 ons setiap hari bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan merangsang penurunan berat badan. 

Selain itu, beliau juga menyukai bubur Manado atau disebut juga tinutuan yang memiliki gizi cukup lengkap. Makanan ini terbuat dari beras, jagung, dan ubi kayu yang dicampur dengan sayur seperti kangkung, bayam, dan kemangi, serta beberapa bumbu dapur. Sayur-sayuran di dalamnya  mengandung serat tinggi, kaya akan antioksidan. Serat tinggi baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, juga bisa memperlancar pencernaan dan baik untuk sistem cerna.  

4. Abdurrahman Wahid

Mendiang Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur adalah sosok egaliter yang terus dikagumi hingga sekarang. Selera makanannya pun tergolong gampang alias tidak pemilih. Menurut juru bicara Adi Masardi dalam artikel ditulis oleh Budayawan Agus Dermawan T di Harian Kompas, mantan Ketua Umum PBNU itu juga memiliki makanan peninggalan di Istana Negara. Ketika dia menjabat sebagai Presiden, Gus Dur pernah menambah Khazanah kuliner Istana Negara yaitu “Sop Ayam Sehat”. 

Sop ayam adalah salah satu masakan yang tak hanya lezat tetapi juga sangat sehat. Beberapa peneliti bahkan percaya bahwa sup ayam bisa menjadi salah satu menu sehat untuk mereka yang sedang sakit flu atau sakit lainnya. Sup yang isinya kaya akan sayur mayur ini tentunya juga tinggi akan serat yang baik untuk program penurunan berat badan.

Selain itu, makanan sehat yang menjadi favorit Gus Dur ternyata adalah gado-gado. Langganannya adalah kedai Gado gado Direksi di Jalan Pintu Besar Selatan 2, Taman Sari, Jakarta Barat. Menurut pemilik warung bernama Lie, tidak ada rahasia khusus dalam racikannya. Dirinya hanya menyajikan bahan-bahan kualitas nomor satu di bahan baku. 

Gado-gado yang bisa disebut sebagai salad khas Indonesia ini merupakan makanan sayuran yang populer. Bila tertarik diet dan menghindari makanan hewani dan gorengan, maka memakan gado-gado adalah salah satu solusinya. Dilihat dari berbagai bahan utamanya (bermacam-macam sayuran) gado-gado memiliki kandungan vitamin A, C, D, dan E, serta zat besi yang berguna untuk tubuh. Karotenoid (prekursor vitamin A) serta vitamin C dan E merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan berbagai penyakit kanker. Gado-gado juga mengandung mineral yang banyak terdapat pada sayuran, selain zat besi - juga seng, mangan, kalsium, dan fosfor.

5. Megawati

Megawati punya makanan favorit yang disantapnya sehari-hari, yakni gado-gado. Tidak heran jika mantan presiden RI ini cukup gesit dan berotak encer. Kandungan gado-memang kaya gizi karena dipenuhi sayur dan kacang-kacangan. Sayur dan kacang sama – sama tinggi serat yang baik untuk jantung kita, dengan kacang lebih tinggi protein untuk pembangun tubuh. Setiap 100 gram gado-gado mengandung 137 kalori, lengkap dengan kandungfan zat gizi lain seperti  kalsium dan fosfor di dalamnya. Vitaminnya juga tinggi, seperti Vitamin A, B1 dan C yang baik untuk daya tahan tubuh.

6. Soesilo Bambang Yudhoyono

Presiden ke-6 RI, Soesilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY, mengatakan mengaku kepada media bahwa dia sangat menyukai Soto Ayam. Dalam setiap jamuan makan kenegaraan, dia selalu menyempatkan untuk menghadirkan soto ayam, yang dilengkapi bihun, perkedel dan potongan telur.

Menu makan berkuah umumnya lebih tinggi zat gizi daripada menu makanan digoreng karena saat proses masak, zat gizinya tidak rusak akibat deep fried bersama minyak. Sebagai tambahan informasi, salah satu makanan dalam soto favorit Pak SBY adalah telur yang merupakan salah satu lauk dengan kandungan protein tertinggi di antara makanan sumber protein lainnya.

7. Jokowi

Jika SBY menyukai soto ayam, Presiden RI yang sekarang, Joko Widodo (Jokowi) mengaku juga suka dengan ayam berkuah. Namun dia lebih suka sup ayam ketimbang soto ayam. Sup ayam memiliki sayur-sayuran yang berwarna-warni dengan kuah bening yang segar. Kaldu ayam memberikan kelezatan tersendiri pada kuah sup itu.

Kalorinya relatif rendah karena tidak menggunakan lemak atau minyak saat memasaknya. Di dalam sup ayam juga terkandung kalsium, zat besi dan banyak vitamin A. Sup ayam terbukti dapat membantu mencegah atau meringankan gejala flu sehingga cocok jika sering dikonsumsi di musim hujan seperti saat ini. Selain itu, untuk menjaga kebugaran badan, Jokowi rutin minum jamu temulawak, kunyit, dan jahe.

 

Search