Jangan Panik, Segera Lakukan 5 Langkah Ini Saat Gempa Terjadi

Facebook
Instagram
hero-jangan_panik_gempa

Gempa bumi adalah kejadian alam yang yang seringkali tiba-tiba dan tak dapat diprediksi kekuatannya. Kebanyakan orang tentu akan panik saat berhadapan dengan gempa bumi, dan hal tersebut wajar saja terjadi.

Meski panik, tetap harus ada beberapa langkah antisipatif yang harus Anda lakukan. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi gempa bumi:

Edukasi Si Kecil

Memang tak akan ada yang mengharapkan terjadinya bencana alam termasuk gempa bumi, namun memperkenalkan anak tentang jenis-jenis bencana alam merupakan sesuatu yang penting.

Berilah mereka pemahaman tentang gempa bumi, dan hal apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi gempa bumi. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tak membuat mereka takut.

Mencari Tempat Aman

Saat terjadi gempa bumi dan Anda sedang berada di dalam rumah maupun kantor maka pastikan akses terbuka lebar untuk menuju keluar ruangan. Hindari diri dari barang-barang yang mungkin saja jatuh dan menimpa Anda maupun Si Kecil.

Jika kondisi tak memungkinkan untuk berlari keluar ruangan, maka bersembunyilah di bawah meja. Pastikan bukan meja kaca atau meja yang rentan rubuh dan malah akan menimpa Anda dan Si Kecil.

Bila gempa terjadi saat Anda berada di mobil, maka tepikan mobil dan pastikan tak berada di bawah pohon maupun baliho yang mungkin saja rubuh karena kencangnya getaran gempa.

Siapkan Peralatan Khusus

Saat gempa terjadi, mungkin saja kondisi tak memungkinkan untuk Anda dan keluarga tinggal di rumah. Karenanya, selalu siapkan satu buah tas yang sudah dilengkapi dengan berbagai keperluan terutama Si Kecil.

Isilah tas dengan popok, susu, pakaian hingga obat-obatan Si Kecil yang mungkin saja dibutuhkan dalam keadaan darurat.

Dekat dengan Alat Komunikasi

Terus menerus memegang alat komunikasi memang tak baik dan dapat menganggu sejumlah aktivitas. Namun demikian, pastikan Anda juga tak berada jauh dari telepon genggam Anda.

Dalam kondisi darurat, alat komunikasi inilah yang nantinya akan sangat dibutuhkan untuk meminta bantuan atau mengecek keadaan anggota keluarga yang lainnya.

Matikan Kompor dan Listrik

Pastikan untuk tak menghadirkan bencana lainnya seperti kebakaran saat terjadi gempa bumi. Sebelum meninggalkan ruangan, pastikan untuk mematikan kompor, api, maupun listrik dengan segera. Karena mungkin saja saat terjadi gempa, Anda tak memiliki kesempatan untuk masuk kembali.

Jadi, jangan langsung panik yas jika terjadi gempa, dan silakan aplikasikan tips di atas.

(MDP)

Artikel asli : https://www.orami.co.id/magazine/jangan-panik-segera-lakukan-5-langkah-ini-saat-gempa-terjadi/

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial