Jenius Luncurkan Moneymoji

Facebook
Instagram
no-image

Jakarta – Melengkapi momen Ramadan dan Idul Fitri, Jenius dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) memperkenalkan Moneymoji, sebuah inovasi terkini yang mengombinasikan layanan kirim uang beserta ucapan dengan animasi untuk memberi makna lebih pada setiap pemberian.

Menurut Anika Faisal, Direktur BTPN, mengirim uang ke orang-orang terdekat bukan semata berbagi nominal, tapi ada makna yang lebih dalam dari itu. “Melalui fitur Moneymoji, kita bisa berbagi secara lebih personal melalui cara yang mudah, pintar, dan aman,” kata Anika Faisal.

Digital Banking Head BTPN, Peterjan van Nieuwenhuizen juga menjelaskan, ide menciptakan fitur ini bertolak dari hasil survei online yang dilakukan Jenius terhadap 360 penggunanya di Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang selama periode 2 Mei 2018 – 6 Mei 2018. Survei untuk mengetahui perilaku finansial para digital savvy selama Ramadan dan Lebaran. “Kami menemukan sejumlah fakta menarik. Selain pengeluaran yang bersifat konsumtif, para digital savvy ternyata juga mengalokasikan dana secara khusus untuk berbagi,” kata Peter.

Peter merinci, dari 360 digital savvy yang mengikuti survei, sebanyak 93% menyatakan orang tua merupakan prioritas untuk berbagi. Disusul berbagi melalui yayasan sosial sebanyak 85%, saudara kandung 78%, dan berbagi kepada orang-orang di sekitar (supir, asisten rumah tangga, office boy, dan lain-lain) sebanyak 54%. Selain itu, sebanyak 47% menyatakan juga menyisihkan dana untuk berbagi dengan teman melalui aktivitas hang out, buka puasa bersama, hingga saling mengirim takjil, dan bingkisan lebaran.

Survei online tersebut juga menunjukkan, sebanyak 78% pengguna Jenius menyatakan bahwa Send It merupakan fitur paling membantu pada saat Ramadan dan Lebaran. Mereka akan menggunakannya untuk berbagi. Send It merupakan fitur dari Jenius untuk kirim uang dan bayar tagihan dengan cara yang mudah dan cepat.

Berangkat dari hasil survei tersebut, Jenius ingin membantu mereka menyampaikan perasaan dan memberikan makna baru dalam setiap interaksi pada setiap momen istimewa kepada orang-orang yang bermakna, termasuk momen Ramadan dan Lebaran. Melalui fitur Moneymoji, Jenius mengombinasikan layanan kirim uang melalui fitur Send It beserta ucapan dengan animasi kepada orang-orang yang bermakna.

“Ramadan dan Lebaran tidak bisa dilepaskan dari tradisi berbagi tunjangan hari raya (THR) melalui tradisi salam tempel atau angpao. Moneymoji merevolusi cara baru dalam mengirim salam tempel atau angpao tanpa menghilangkan aspek personalnya,” ujar Peter.

Membawa semangat kolaborasi dan kokreasi yang hadir sejak awal dibentuknya Jenius, inovasi akan terus dikembangkan bersama dengan kebutuhan dan gaya hidup para digital savvy yang sangat dinamis. “Untuk itu, Moneymoji akan terus hadir melengkapi berbagai momen istimewa bersama orang-orang bermakna,” tambah Peter.

Jenius merupakan inovasi perbankan digital untuk segmen kelompok masyarakat yang identik dengan masyarakat urban dan melek teknologi. Jenius adalah sebuah revolusi dalam bidang perbankan dengan proses digitalisasi yang dimulai sejak awal. Melalui Jenius, masyarakat dapat membuka rekening bank tanpa perlu datang ke kantor cabang dan menikmati berbagai layanan perbankan melalui aplikasi.

Setelah diperkenalkan pertama kalinya pada Agustus 2016, Jenius telah berhasil mengintegrasikan elemen gaya hidup dan keuangan (konsep life finance) kepada masyarakat urban yang melek teknologi di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. (Market+)

Posted in
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial